LIVE IS AN ADVENTURE

I think by traveling you can better appreciate yourself and the different cultures of the world... Enjoy life all around the world. To share with many people with different way of living. To love. To dance with the birds and sing with the wind....

Travelling brings color to my life. I'm travelling for the joy...
"...there is a difference between knowing the path and walking the path" - Morpheus

I am not good at writing but I want to share the adventure in my journey, but I have a lot of photo trips. Let the pictures are going to tell you about this trip ;)

Not only for the destinations, but it's about the journeys...
when you are traveling the time should be yours.

Some in my blog is using Indonesian, If you do not understand Indonesian you can use "Google Translate" at the top left of this blog. I hope this blog can be useful ...


DILARANG MENGAMBIL atau COPY PHOTO-PHOTO DALAM BLOG INI TANPA IJIN!

Selasa, 13 Mei 2014

Mengajukan Visa New Zealand



Bulan April kemaren saya mengurus visa New Zealand dan berhasil mendapatkannya, ternyata kedutaan New Zealand telah memakai jasa agen untuk membantu proses penyaringan pemohon visa. Di Indonesia, kedutaan NZ ini menggunakan agen VFS Global, yang juga bekerja untuk kedutaan Australia, UK, Canada, Denmark, Iceland, Italy, Norway, Spain, UAE. Layanan VFS Global yang membantu kedutaan-kedutaan untuk proses Visa Application Center, yang melakukan pengumpulan dokumen-dokumen pemohon via online atau paper. Konsekuensi nya yaa terpaksa harus bayar lebih dari harga yang tertera di website gov.embassy mereka.

Biaya untuk pengajuan visa ini total Rp 1.450.000 dengan rincian: Rp 1.250.000 untuk embassy, Rp 200.000 untuk VFS. Jika ingin dikabari melalui SMS maka ditambahkan Rp 20.000 untuk fee-nya (optional) dan kami memilih melalui kabar dari website saja :-)  info tambahan, kalau kalian pergi sebagai keluarga inti hanya perlu membayar 1 orang, istri dan anak-anaknya gratis.. ya kalo keponakan atau sepupu mah bayar masing-masing doong ;-))

Untuk pengajuan visa ke suatu Negara bisa memerlukan waktu pemrosesan minimal 5 hari kerja, kadang sampai 15 hari kerja. Buat yang ingin mengurus sendiri Visa New Zealand, tidak perlu sungkan dan ragu karena proses pengurusannya cukup “bisa” untuk dikerjakan sendiri. Tidaklah selalu rumit. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan sehingga proses visa kunjungan (turis) dapat berjalan lancar.

Formulir aplikasi visa NZ ini banyak banget, sekitar 16 lembar kalo gak salah dan dokumen pendukungnya juga harus lengkap. Semua persyaratan yang diperlukan ada di situs resmi Kedutaan New Zealand atau bisa juga diintip-intip ke situs-situs biro perjalanan yang menyediakan jasa pengurusan visa. Kalau dari pengalaman saya pribadi, yang saya siapkan antara lain adalah:
  1. Passport yang masih berlaku paling dikit 6 bulan dari tanggal rencana keberangkatan (passport yang lama juga bisa dibawa, apalagi kalo sudah banyak koleksi cap-nya.. supaya bisa jadi referens.
  2. Form aplikasi, isi lengkap. Bisa didownload dari website via Visa Agency VFS Global: Aplikasi Visa 
  3. Pas foto terkini, 2 lembar ukuran 4 x 6, background putih.
  4. Bukti keuangan, untuk biaya hidup selama di New Zealand (minimal 1000 NZD per bulan untuk masing-masing orang atau 400 NZD per bulan jika akomodasi sudah dibayar atau ada yang menanggung)
  5. Surat sponsor dari anggota keluarga yang tinggal di New Zealand berikut fotokopi bukti kewarganegaraan atau paspor NZ dari anggota keluarga yang bersangkutan. Formulir bisa diunduh dari website imigrasi New Zealand. Nama formulirnya adalah Sponsorship for Temporary Entry (INZ 1025)
  6. Itinerary dan Reservasi Penerbangan. Ingat! hanya berbentuk bookingan tiket saja loh... bisa tanya ke agen perjalanan untuk minta print out konfirmasi booking tiket.
  7. Surat Keterangan Kerja (Berbahasa Inggris) dan surat cuti dari perusahaan.
  8. Fotokopi SIUP dan NPWP (bagi pemilik perusahaan)
  9. Fotokopi Kartu Keluarga.
  10. Fotokopi KTP dan Akte Lahir
  11. Surat Nikah (untuk suami/istri)
  12. Biaya pengajuan visa (bisa dicek langsung ke web, saat ini yang berlaku adalah Rp 1.250.000 + Rp 200.000 fee Agen VFS Global, untuk biaya ini tidak dapat dikembalikan apapun hasil pengajuan visa tersebut. 
NEW ZEALAND VISA APPLICATION CENTRE
Kuningan City Mall Lantai 2 No. L2 – 19
Jl Prof. Dr. Satrio Kav. 18
Setiabudi, Kuningan, Jakarta 12940 Indonesia

Call Centre: +62 21 304 18701

Ada beberapa link website yang dapat Anda kunjungi untuk mencari informasi cara mengajukan visa kunjungan New Zealand:
- www.immigration.govt.nz
- http://www.vfsglobal.com/newzealand/indonesia/visitorvisa.html
- www.immigration.govt.nz/branch/JakartaBranchHome/checklists/

Selain itu, berikut adalah beberapa tips yang mungkin Anda dapat gunakan pada saat pengajuan visa:
1. Pastikan foto yang telah dipersiapkan telah sesuai dengan persyaratan yang ada.
2. Siapkan semua dokumen asli dan fotokopi dokumen yang dibutuhkan.
3. Surat cuti atau keterangan kerja dari perusahaan akan sangat membantu untuk membuktikan Anda akan kembali ke Indonesia setelah berlibur. Jika belum bekerja, lampirkan surat keterangan dari orang tua yang menjamin Anda tidak akan kekurangan secara finansial selama Anda di New Zealand.
4. Lampirkan juga no telepon rumah, kantor, HP dan email sehingga mudah dihubungi jika ada kekurangan dokumen.
5. Tidak membeli tiket pesawat sebelum visa diberikan.

Yang diperlukan juga kalau sedang traveling keluar negeri adalah Alamat KBRI dan KJRI di luar negeri, seandainya perlu bantuan sehubungan masalah dokumen perjalanan atau keperluan darurat lainnya.

Semoga sukses!





2 komentar:

  1. Salam kenal mba,sy akan mengajukan visa NZ dalam waktu dekat ini, tp sy masih bingung dng format surat keterangan cuti. apakah ada contohnya dan bisa di email ke novia_argarini@yahoo.com.terima kasih atas bantuannya mba. mksh

    BalasHapus
  2. hai mba...
    surat cuti kan dapet formatnya dari masing2 kantor sudah tersedia, tinggal minta aja sama HRD di kantor mba ;-)

    BalasHapus

Musim Semi Rasa Winter di Dolomites

Dari keindahan alam, laut mediterania hingga bangunan-bangunan kuno peninggalan sejarah, Italia memang merupakan salah satu negara te...