LIVE IS AN ADVENTURE

I think by traveling you can better appreciate yourself and the different cultures of the world... Enjoy life all around the world. To share with many people with different way of living. To love. To dance with the birds and sing with the wind....

Travelling brings color to my life. I'm travelling for the joy...
"...there is a difference between knowing the path and walking the path" - Morpheus

I am not good at writing but I want to share the adventure in my journey, but I have a lot of photo trips. Let the pictures are going to tell you about this trip ;)

Not only for the destinations, but it's about the journeys...
when you are traveling the time should be yours.

Some in my blog is using Indonesian, If you do not understand Indonesian you can use "Google Translate" at the top left of this blog. I hope this blog can be useful ...


DILARANG MENGAMBIL atau COPY PHOTO-PHOTO DALAM BLOG INI TANPA IJIN!

Rabu, 16 September 2015

Mengurus Visa RUSSIA




Saya ingin membagikan pengalaman saya mengurus Visa Russia melalui Kedutaan Russia di Kuningan, Jakarta. Pada prinsipnya, mengurus Visa Russia itu sulit-sulit gampang. Selama dokumen dan persyaratan yang diperlukan dapat dilengkapi, dan tentu saja nama anda tidak tersandung dengan nama teroris atau buronan internasional, biasanya aplikasi Visa Russia anda akan disetujui.

Yang agak unik dan berbeda dengan persyaratan visa pada umumnya adalah visa support (baik untuk visa bisnis atau turis). Surat ini bukanlah surat undangan atau rekomendasi yang berasal dari kerabat, teman, relasi atau perusahaan yang berdomisili di Rusia, melainkan surat yang dikeluarkan oleh Kementrian Luar Negeri di Rusia (dweng! rempong kan? antara ya dan tidak). Gimana caranya?

Berikut cara pengurusan visa Rusia. Ini HANYA BERLAKU untuk Visa Turis dan Single Entry ya (kalau Visa Bisnis atau Double Entry, akan berbeda syarat maupun biayanya). Urutannya : Sebaiknya kita mengurus Visa Support terlebih dahulu. Hah? Apaan lagi itu visa support? Well... ini lah uniknya apply visa ke Rusia. Kita nggak perlu nunjukin saldo tabungan, tapi cukup kasih visa support yang sebenarnya sih semacam undangan (invitation) dari travel agent yang ada di Rusia, kalau emang nantinya akan menginap di rumah keluarga atau teman ya mau nggak mau harus minta mereka untuk mengirim invitation letter yang akan kita gunakan untuk mengajukan permohonan visa. Sebenarnya sih tetap lebih mudah jika menggunakan visa support dari travel agent karena nggak akan merepotkan siapa-siapa kecuali diri sendiri. Cuma ya itu, tentunya harus keluar biaya lebih untuk membelinya. Visa support ini bisa dibeli secara online, harganya sekitar 1000 Rubble kalau di-rupiah-kan kurang dari Rp 300.000,-

Pertama, untuk mendapatkan Invitation Letter terlebih dahulu (saya mengurus Invitation Letter di HotelsPro - dengan mengirim email kepada HotelsPro untuk dibuatkan Visa Support) bila tidak bisa, coba juga di: Russian Visa Easy, atau coba juga: http://www.expresstorussia.com. Gak pake lama ternyata... cuma 1 hari jadi!


Russia Visa Suport

Finally I found the visa support service which can provides for Indonesian! Yay! Oh iya FYI, Russia dan Indonesia itu bedanya sekitar 4 jam jadi jangan lupa liat-liat jam juga ya, kalau bisa membuat pesanan visa support-nya saat jam kerja orang Russia disana, supaya nggak lebih lama prosesnya.

Setelah semua dokumen lengkap saya siapkan, saya submit ke Kedutaan Rusia di daerah Kuningan, Jakarta. Dokumen tersebut diterima dan dicek oleh petugas. Di bawah ini ringkasan untuk dokumen aplikasi visa yang mesti kita siapkan yaitu: 

Paspor yang masih berlaku 6 bulan kedepan.
Isi Formulir Visa Application. Formulir didapat dari website resmi Russia, kita juga bisa mengisi formulir yang ada di Konsulat. Form ini boleh ditulis tangan dengan rapi pastinya agar jelas terbaca oleh petugasnya atau bisa juga langsung diketik  Pas foto warna ukuran 3,5 X 4,5 = 1 lembar (saya pakai ukuran 3 X 4 pun gak masalah)
Invitation Letter/Visa Support (print out dari email).
Bukti booking tiket pesawat (ingat!! tidak perlu issued). Saya minta tolong ke agen tiket langganan. Nggak perlu dibayar dulu tiketnya, cukup booking aja. Dari konsuler pun nggak menyarankan untuk tiketnya udah dibayar dulu karena kalo sampai visanya ditolak kan sayang banget.
Biaya untuk proses reguler USD 70 = Rp 900.000.

Tunggu 10 – 15 menit, nanti petugasnya keluar memberi kwitansi pembayaran sekaligus tanggal pengambilan visa. Itu berarti permohonan visa anda disetujui dan kita dapat segera beli tiket pesawat. Setelah itu saya menerima bukti pembayaran yang akan digunakan untuk pengambilan visa seminggu kemudian. Visa saya jadi dalam 4 hari. Jangka waktu visa yang diberikan adalah sama dengan bukti booking hostel kita yang tertera di Visa Support. Kalau di negara lain walaupun kita apply 15 hari tapi kadang jangka waktu visa yang diberikan bisa 30 hari. O ya, jam buka Konsulat tertulis 09.00 – 13.00. Tapi waktu untuk penerimaan dokumen aplikasi visa hanya mulai 09.00 – 12.00. Saatnya saya mengambil visa seminggu kemudian dan akhirnya visa saya di approve, yeay!

Here it is, my Russian visa :
OMG! Finally I got my Russia Visa! So, Russiaaaaa I'm comiiiiing~~~!

Kedutaan Besar Russia yang berlokasi di kawasan Rasuna Said, lokasi di seberang Rumah Sakit MMC atau Pasar Festival. Di antara Kedutaan Rusia dan Kementerian UKM & Koperasi. tepatnya di:

Jl. H. R. Rasuna Said Kav. 7 No. 1-2,
Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12950

Oh iya... ada yang mesti kita ketahui setelah keberangkatan menuju Russia yaitu tentang visa registration atau wajib lapor bagi pengunjung/turis yang bermalam lebih dari 3 hari di Russia untuk lapor ke polisi/imigrasi setempat yang merupakan persyaratan seperti ini di Rusia dan kita bisa meminta bantuan petugas Penginapan untuk melakukan agar menghindari kerepotan yang tidak diinginkan seperti kendala bahasa. Hostel tempat saya menginap dapat memberikan bantuan ini dengan biaya sebesar USD 20, namun ketika saya check in, mereka bilang tidak perlu karena saya hanya dua hari saja bermalam di penginapan tersebut. Jika nanti di jalan, pas lagi apes, saya diciduk polisi, pihak hostel bilang telepon saja ke mereka. Pemeriksaan ini memang jaraaaang banget dilakukan tapi siapa yang tahu ya kalau namanya apes. Tapi saya turuti saja saran hotel. Visa Registration ini kita simpan baik-baik jangan sampai hilang hingga kita keluar dari Russia. Begitulah lika-liku mengurus visa Rusia.


4 komentar:

  1. mauu tanya dong kk.
    apakah dengan apply visa support di hotels-pro, berarti akan menginap di tempat sesuai data yang kita isi ?

    misal ...
    Itinerary
    If you are visiting more than one hotel, please, include the name of hotels and cities they are located in.
    City : Москва,11-я ул. Текстильщиков, 1
    Hotel : Hotel Moskvich

    Apakah nantinya pada saat tiba di Moskow boleh tidak menginap di tempat Hotel Moskvich ?


    Demikian disampaikan, terima kasih.

    salam,



    BalasHapus
  2. Tidak mesti menginap disana, saya sendiri waktu itu mengisi hanya untuk keperluan pengajuan visa suport ini aja, setelah mendapatkan saya baru booking hotel yang sesungguhnya akan saya tinggal.

    BalasHapus
  3. kak kalau ajaukan visa support di hotelspro itu klo disuruh tulis nama hotelnya tanpa booking dulu bisa kak? dia tidak minta bukti booking hotel kan di hotelspro itu?

    BalasHapus
  4. @Chintya Muzakirs.... maksudnya apa yaa?? ...utk nama hotel yg tertera itu dari pihak "hotelspro" yg nulis dan utk keperluan pengajuan visa aja, gak mesti booking/nginep disana kok...

    BalasHapus

Musim Semi Rasa Winter di Dolomites

Dari keindahan alam, laut mediterania hingga bangunan-bangunan kuno peninggalan sejarah, Italia memang merupakan salah satu negara te...