LIVE IS AN ADVENTURE

I think by traveling you can better appreciate yourself and the different cultures of the world... Enjoy life all around the world. To share with many people with different way of living. To love. To dance with the birds and sing with the wind....

Travelling brings color to my life. I'm travelling for the joy...
"...there is a difference between knowing the path and walking the path" - Morpheus

I am not good at writing but I want to share the adventure in my journey, but I have a lot of photo trips. Let the pictures are going to tell you about this trip ;)

Not only for the destinations, but it's about the journeys...
when you are traveling the time should be yours.

Some in my blog is using Indonesian, If you do not understand Indonesian you can use "Google Translate" at the top left of this blog. I hope this blog can be useful ...


DILARANG MENGAMBIL atau COPY PHOTO-PHOTO DALAM BLOG INI TANPA IJIN!

Minggu, 04 Desember 2016

Mengunjungi Bundestag Berlin, Jerman


Bundestag Berlin


Petualangan musim dingin kami di Eropa pada diawal bulan December 2016 selanjutnya, kami berkesempatan mengunjungi Gedung Bundestag di kota Berlin - Jerman. Bundestag atau Deutscher Bundestag juga disebut Reichstag Building merupakan gedung Parlemen Jerman. Kalo berkesempatan jalan-jalan ke Berlin jangan lupa mampir ke "The National Parliament of the Federal Republic of Germany" ini, tentu saja kita disini tidak hanya melihat-lihat suasana gedung parlemen, tapi ada yang menarik perhatian saya untuk datang, yaitu mengunjungi kubahnya atau Dome at the Deutscher Bundestag dengan gaya arsitekturnya menggabungkan bangunan kuno dengan arsitektur futuristik. Keren pokoknya lah! 😁



Bundestag Dome inside, Berlin


Untuk tiket masuk Gratis! Tapi sebelum berkunjung kesana kita mesti registrasi terlebih dahulu dengan cara mengirim email ke website-nya yaitu: Visit The Bundestag Dome kalau bisa booking sebulan sebelumnya, ikuti saja petunjuk di website resmi tersebut dan mereka akan segera membalas email yang kita kirim dengan jadwal kunjungan kita berdasarkan ketersediaan waktu yang akan diberikan untuk kita berkunjung. Dan kami dijadwalkan berkunjung pagi hari jam 09.00 am, uuuuughrr kebayang dong dinginnya pagi di musim dingin dan pagi itu hujan lagi, sinar matahari pun masih malu-malu... malas banget deh! Tapi akhirnya kami bertekat untuk datang akhirnya, dari hostel jam 08.00am menuju stasiun Alexander Platz.






Kubah tranparan tersebut dibangun belakangan, menurut info wikipedia Nprman Foster arsitek terkenal perancang kubah ini dan baru selesai dibangun tahun 1999. Rasa penasaran dan ingin segera melihat, saat tiba kami langsung berdiri di antrian, tidak lama kemudian dengan menunjukan surat undangan yang telah dikirim secara elektronik di email kami memasuki security check, dan menunggu giliran. Kami dikumpulkan hingga sepuluhan orang, lalau dipandu oleh seorang pegawai memeasuki gedung parlemen dan langsung naik lift ke lantai atas. Keluar dari lift kami mendapatkan audio guide, aku pilih yang berbahasa Inggris, audio guide ini automatic, tidak perlu dipencet pencet untuk melihat keterangan sesuatu, aku hanya perlu memencet tombol play sekali dan dengan sensor apa gitu di beberapa tempat dia dengan sendirinya akan menerangkan apa yang aku lihat, canggih ya?!


Ada bangkunya di lantai paling atas, tapi hujan dan basah karena langit2nya bolong 😁
Suasana di lantai dasar Gedung Bundestag

Jangan lupa ambil audio headset, biar tau sejarah Dome ini


Bundestag adalah bangunan bersejarah di Berlin, dibangun pada masa Kekaisaran Jerman pada tahun 1894 dan dibuka sampai tahun 1933, karena rusak parah setelah dibakar disaat peperangan dahulu. Ini adalah kubah transparan raksasa yang sangat berkesan hi-tech dan futuristik. Mungkin ingin memberikan kesan bahwa Jerman adalah ahlinya dalam teknologi tinggi. Di kulit bagian dalam kubah ada tangga yang dibuat melingkar menuju ke atas puncak kubah. Jadi, pengunjung yang ingin menuju puncak, tinggal menelusuri tangga yang cukup landai, akan berputar beberapa kali mengikuti kulit kubah menuju ke atas sambil menikmati indahnya kota Berlin ke berbagai sudut pandang tidak melelahkan dan tidak terasa tiba-tiba sampai di atas. Mengapa? Karena sepanjang jalur kita bisa memandang ke tengah kubah dan ke bawah, juga ke arah luar menikmati kota Berlin.




Ada aku di miror itu!!😋


Perhatikan jalan melingkar ke atas, serta core (bagian tengah) kubah. Inti kubah yang terletak di bagian tengah adalah cermin yang disusun seperti foto di atas. Jika kita memandangnya, maka kita bisa melihat cermin diri kita disana. Di bagian bawah inti ini, dikelilingi oleh satu informasi tentang Jerman. Akhirnya kita tiba di puncak kubah. Bagian atasnya ada ruang terbuka ke udara, tetesan air hujan masuk di area puncak kubah dan basah! Pemandangan ke luar dan ke dalam dua-duanya sangat menarik walau kaca tertutup embun hujan dan angin dingin. Foto berikut memperlihatkan dua pemandangan tersebut.





Tidak jauh dari Bundestag ada restoran dan kami sempat makan siang disana tentu saja menunya eropa tapi ada juga nasi loh! tapi ingat yaa, saat membeli makanan sebaiknya jangan dihitung-hitung dengan kurs Rupiah yaa hehehe, ntar nyesek! untuk sepiring nasi + lauknya sekitar 15an-20 euro itu belum minum  😊  yang ingin membeli souvenir ada juga toko disebelah restoran tersebut.






Lanjut kami menuju Brandenburg Gate yang tersohor itu, dengan berjalan kaki dari Bundestag sekitar 250 meter, ambil jalan ke sebelah kiri dari Bundestag ikuti saja jalan dan melintasi taman kemudian menyebrangi jalan, terlihat lah Brandenburg Gate dengan dihiasi patung kuda diatasnya.




Memorial  di Berlin


Brandenburg Gate, Berlin


Bagaimana menuju gedung Bundestag?
  • Jika anda sudah berada di gerbang besar Brandenburg, berdirilah di sisi luar, lihatlah sekeliling, pasti anda terlihat gedung ini.
  • Jika anda naik bis dari stasiun Zoo menuju Alexander Platz (kalau tidak salah, bis no 100 atau 200), ada tempat berhenti persis di sekitar gedung ini
  • Jika anda keluar dari stasiun utama kota Berlin, menyeberanglah, lintasi jembatan, di kejauhan gedung ini pasti sudah kelihatan.  Anda akan tiba dari arah yang kira-kira berlawanan dengan arah Brandenburg Gate.


Bus citytour ini bayar, jadi kami ogah deh naik 😄
Bawa peta dan payung, karna pagi-pagi sudah gerimis ajah 😊










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musim Semi Rasa Winter di Dolomites

Dari keindahan alam, laut mediterania hingga bangunan-bangunan kuno peninggalan sejarah, Italia memang merupakan salah satu negara te...