LIVE IS AN ADVENTURE

I think by traveling you can better appreciate yourself and the different cultures of the world... Enjoy life all around the world. To share with many people with different way of living. To love. To dance with the birds and sing with the wind....

Travelling brings color to my life. I'm travelling for the joy...
"...there is a difference between knowing the path and walking the path" - Morpheus

I am not good at writing but I want to share the adventure in my journey, but I have a lot of photo trips. Let the pictures are going to tell you about this trip ;)

Not only for the destinations, but it's about the journeys...
when you are traveling the time should be yours.

Some in my blog is using Indonesian, If you do not understand Indonesian you can use "Google Translate" at the top left of this blog. I hope this blog can be useful ...


DILARANG MENGAMBIL atau COPY PHOTO-PHOTO DALAM BLOG INI TANPA IJIN!

Kamis, 05 Oktober 2017

Plitviče Lakes National Park, Croatia




Akhirnya my dream come true, mengunjungi Taman Nasional Plitviče Lakes yang sangat indah yang berada di Croatia disaat musim gugur pada bulan Oktober 2017.

Seperti halnya di Indonesia, beberapa negara lain juga terkenal dengan keindahan alamnya, salah satunya danau di Croatia yaitu Plitviče Lakes atau orang lokal bilang "Plitvička Jezera". Danau yang menjadi ikon Croatia dan selalu ada dalam list itinerary trip saat seseorang mengunjungi Croatia. Saking indahnya Plitviče Lakes yang menjadi spot paling fotogenic ini masuk dalam list situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1979, merupakan salah satu tempat pariwisata yang paling tua di Eropa.









Taman Nasional Plitviče Lakes terletak di Lika yang berada di tengah-tengah negara Croatia yaitu sekitar 130 km (2,5 jam perjalanan) dari ibu kota Zagreb adalah cagar alam dengan sekumpulan dari 16 danau alami yang bertingkat-tingkat dengan dihiasi banyak air terjun dengan ngarai batu kapur yang luas. Sangat indah!

Hari masih pagi saat kami masuk dari gerbang 2 saat memulai petualangan di Plitviče Lakes, pengunjung sudah mulai ramai berdatangan di area parkir. Setelah membeli tiket masuk 110 Kuna perorang kami pun bersiap-siap untuk memulai petualangan meng-explore national park yang sangat luas ini hampir seharian, tak lupa saya membawa bekal piknik yang sudah saya siapkan dari semalam. Jangan lupa meminta peta jalur perjalanan yang didapatkan saat membeli tiket masuk.


Here is the map of Plitviče Lakes National Park


Beruntung kami berkunjung ke taman ini di pagi hari - saya bisa memotret pemandangan yang luar biasa indah ini dengan bebas tanpa banyak gangguan dari hilir-mudik pengunjung lainnya dan akan berjalan di taman tanpa keramaian. Dan juga untuk menghemat waktu dalam antrian - ada dua pintu masuk, tapi kami memulai petualangan dari Entrance 2 dengan mengambil rute jalan mengeksplorasi hutan purba Corkova Uvala. Ada dua Jalur yang dapat ditempuh, jalur pertama dengan jarak 21 km dan jalur lainnya dengan jarak 9 km, tentu saja saya memilih jalur yang lebih pendek. Jalur yang lain yaitu mengarah ke puncak Medvedak timur distrik danau.




Pintu Masuk 2, dan ada sedikit orang di sana. Dari pintu masuk ke-2, kami memulai petualangan menyelusuri Taman Nasional yang mengagumkan ini. Keindahan panorama alam yang masih sangat alami dan asri ini telah menghipnotis seluruh wisawatan yang datang. Udaranya yang sejuk membuat siapa saja betah untuk berlama-lama di sana. Tak putus saya terus mengagumi keindahannya: the perfect weather, the blue sky and these fresh water. I wanna stay here for days! hahaa!

Untuk mencapai pusat air, Anda bisa melalui jalan yang terbuat dari jembatan kayu. Jembatan ini memang sengaja disiapkan pengelola untuk dilewati setiap pengunjung yang datang. Sambil berjalan melewati jembatan, kita bisa menikmati suasana hutan Eropa Timur yang masih asri dan hijau. Seluruh danau ini membentuk air terjun indah yang mengalir di tebing. Benar-benar cantik!




Kami berjalan melewati jalan setapak dan kanan-kiri pemandangan barisan pohon-pohon dipenuhi warna-warni daun di musim gugur, melewati jembatan kayu dari batang pohon, terus melewati beberapa undakan air terjun hingga ke air terjun di bagian atas yang lebih lebar. Musim gugur membuat pemandangan yang kami lewati terlihat seperti menggunakan filter berwarna merah kuning hijau cokelat. Saya berdiri terpukau: pesona keindahan danau yang dihiasi sekumpulan air terjun, dan warna-warni daun menutupi sebagian permukaan air danau, sangat indah! 


The view is just SO GRAND! I feel like Mowgli in The Jungle Book, terlalu indah, terlalu surreal.







Karena wilayah Plitviče Lakes sangat luas dan pastinya saya tidak bisa mengelilingi seluruh taman dengan berjalan kaki. Jangan cemas tersesat! Ikuti saja petunjuk arah yang tersedia disepanjang jalan dan kalau lelah ada layanan shuttle bus gandeng yang dinamakan Panoramic Train, akan membawa pengunjung  menjelajahi taman dari titik A ke titik B dan di sekitar danau disediakan water-bus yang digunakan untuk berkeliling danau. Semua transportasi di dalam taman sudah termasuk dalam biaya tiket.


Water Bus


Di Taman nasional ini juga terdapat perahu dayung yang dapat disewa, tempat penyewaan-nya ada di mana kereta wisata berhenti (ST2) di tepi danau Kozjak dengan biaya sewa 50 Kuna/jam atau sekitar Rp.110.000/jam.

Transportasi disekitar komplek taman nasional sesuai jadwal, tetapi sering juga tergantung pada seberapa keramaian pengunjung. Kami menunggu dalam antrean boat selama 10 menit, jadi jangan khawatir berdiri berbaris! By the way, jika Anda ingin mengunjungi taman dengan ditemani binatang piaraan seperti anjing, itu tidak masalah, saya melihat banyak orang berjalan di taman dengan anjing mereka.





Tak terasa, waktu makan siang pun tiba. Kami mengambil bangku kayu dipinggir danau, sambil menikmani bekal piknik, kami menikmati pemandangan, danau yang dihiasi daun-daun berwarna-warni dan suara gemericik air dari jatuhnya dari bukit-bukit kecil yang mengelilingi danau. Tapi waspadalah terhadap angsa dan bebek, mereka akan menginginkan sebagian dari makan siangmu! hehehe 😉

Untuk tetap menjaga kebersihan dan kejernihan air pada danau-danau Plitvice, pengunjung dilarang berenang ataupun melakukan aktivitas air lainnya. Mungkin, memang seharusnya hal ini dilakukan agar kelestarian alam selalu terjaga.




Plitviče Lakes memang keterlaluan indahnya! Keindahan taman nasional terletak pada danau yang saling terkoneksi, lalu membentuk serangkaian air terjun. And it's a wide heaven! Area Air Terjun bagaikan kompleks natural spa, dengan dikelilingi pegunungan, jalur air sungai yang berwarna biru turqouise dan barisan pohon-pohon maple yang color-full di sekelilingnya, serta cerukan-cerukan kecil di bebatuan yang terasa seperti kolam-kolam kecil, it's a well prepared heaven on earth! Plitviče Lakes juga punya sumber air yang berbeda, ada aliran air dari kiri dan depan (saat kita sampai dan menghadap ke area utama). Kami terus berjalan kaki dan tiba di ujung jalan setapak.








Plitviče Lakes sebagai danau dengan area yang luas dan kontur landscape yang berbatu dan berbukit-bukit dan lembah yang dihiasi sekumpulan air terjun begitu menarik inilah yang membuat saya terpesona,  ternyata juga tempat kehidupan dari berbagai macam fauna seperti rusa, beruang, serigala, babi hutan dan spesies burung langka.... untung saja saya tidak menemukan seekorpun saat disana hehehe... 

Kami berjalan terus, melewati jembatan kayu dari batang pohon, terus melewati beberapa undakan air terjun hingga ke air terjun di bagian atas yang lebih lebar.

Tidak terasa, hari sudah sore tapi sebelum meninggalkan taman nasional saya sempat mengintip dari Entrance 1 dengan pemandangan danau yang tak kalah amazing yaitu situs Veliki Slap, kumpulan danau-danau dengan dihiasi air terjun tertinggi di area itu, 78m. Well, kami menghabiskan hampir satu hari di taman nasional Plitviče Lakes, dan itu tentunya tidak cukup, will plan to spend at least 2 days here next time since I wanna explore even further area.


I tried so hard not to get tempted jumping on that crystal clear lakes!





Petualangan kali ini saya diantar teman dengan mobil, jadi mohon maaf saya tidak bisa memberikan informasi tentang biaya transportasi. Kami membawa map dan mengikuti rute dari google map handphone untuk menuju kesana. Orang-orang Croatia yang saya temui pada umumnya ramah dan membantu sekali selama perjalanan.

Untuk yang ingin menuju kesana dengan bus, bisa dari terminal bus Zagreb, ada banyak pilihan bus, harganya kisaran USD12, perjalanan sekitar 2,5 jam untuk info lebih lengkap misalnya jadwal bus dll, bisa cek disini: www.getbybus.com atau bisa juga ikut tour local yang banyak ditawarkan dipusat kota Zargeb.

Taman ini buka setiap hari sepanjang tahun, dengan lama jam buka selama musim panas (biasanya 07:00-20:00). Tiket masuk Taman Nasional ini harganya berbeda loh sesuai pada musimnya seperti saat winter biaya masuk untuk orang dewasa itu 55 Kuna atau sekitar Rp.110.000 yang berlaku pada bulan November, Desember, Januari hingga Maret. Kemudian 110 Kuna atau sekitar Rp.220.000 selama April-Juni dan September dan Oktober. Lalu, 180 Kuna atau sekitar Rp.351.000 pada bulan Juli dan Agustus.




Kami mengunjungi taman ini di bulan Oktober 2017 disaat musim gugur, cuacanya masih bagus dan airnya sangat pirus. Tapi setiap musim berbeda dalam keindahannya. Saya yakin itu juga terlihat cantik saat tertutup salju! Apapun musimnya, sepatu hiking tidak wajib karena jalannya bagus tapi perlu sepatu yang nyaman dipakai untuk berjalan kaki lama. Harus di-ingat, karena taman nasional Plitvice terletak di daerah pegunungan, cuaca menjadi sangat dingin di sore hari jadi, jangan lupa untuk membawa baju hangat!


What you really should know when you get there:

*  You are forbidden to swim, wash, dip or even touch the water
*  Plitvice Lake National Park is also home to 16 different lakes which change colour by the second
*  The tallest waterfall named Great Waterfall is over 70 meters highs, near from Gate1.
*  If you are lucky, you might even spot wolves, bears, deer, wildcats, wildboar and other kinds of wildlife!
*  The Plitvice lake also home to more than 120 bird species
*  Super popular! Apparently, they have more than 1,2 million tourists visit the park every year!






Mengenai visa, saya apply visa Schengen multiple melalui Austria lalu keluar dari Slovenia menuju Croatia, ingat jangan tidur saat perjalanan keluar dari Slovenia ke Croatia landscape-nya sangat indah melintasi barisan pegunungan Alpen, menanjak lalu turun dan menanjak lagi sambil memandang puncak pegunungan Alpen yang diselimuti salju dan sepanjang perjalanan melintasi beberapa desa kecil yang unik dan asri serta jalan-jalan dihiasi barisan pinus dan pohon-pohon marple berdaun warna-warni disaat musim gugur, sangat menyegarkan mata.




Setiap orang yang telah datang ke danau ini sepakat mengatakan Plitviče Lakes adalah danau terindah di dunia. Danau ini dikelilingi oleh tebing-tebing terjal nan curam dan tiga gunung, yaitu Gunung Mala Kapela, Gunung Dinaric Alps, dan Gunung Medvedak. Inilah yang menambah daya tarik Plitviče Lakes. Memang benar kata orang: "Croasia mendebarkan hati!" ini adalah wilayah favorit saya di Croatia, keren banget!

Been saying this few times but I'm gonna say it again: Plitviče Lakes National Park is one of the best. Actually, "danau" dengan kombinasi warna yang menghasilkan keindahan, serta air terjun menghiasi dinding-dinding disekitar danau. Plitviče Lakes National Park adalah salah satu spot wajib saat mengunjungi Croatia, taman ini sudah populer, it's still so beautiful as ever!


Croatia has countless spots to visit!






To the most gorgeous breathtaking National Park you could never imagine, 
Plitvice Lakes Of Croatia.



Our basecamp 😁








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musim Semi Rasa Winter di Dolomites

Dari keindahan alam, laut mediterania hingga bangunan-bangunan kuno peninggalan sejarah, Italia memang merupakan salah satu negara te...