LIVE IS AN ADVENTURE

I think by traveling you can better appreciate yourself and the different cultures of the world... Enjoy life all around the world. To share with many people with different way of living. To love. To dance with the birds and sing with the wind....

Travelling brings color to my life. I'm travelling for the joy...
"...there is a difference between knowing the path and walking the path" - Morpheus

I am not good at writing but I want to share the adventure in my journey, but I have a lot of photo trips. Let the pictures are going to tell you about this trip ;)

Not only for the destinations, but it's about the journeys...
when you are traveling the time should be yours.

Some in my blog is using Indonesian, If you do not understand Indonesian you can use "Google Translate" at the top left of this blog. I hope this blog can be useful ...


DILARANG MENGAMBIL atau COPY PHOTO-PHOTO DALAM BLOG INI TANPA IJIN!

Selasa, 24 September 2013

Segara Anak Lake Mount Rinjani - Lombok.


Danau Segaraanak dari puncak Rinjani

Setelah turun dari pendakian puncak gunung Rinjani, kami melanjutkan perjalanan menuju danau Segar Anak untuk beristirahat dan bermalam di sekitar danau ini. Perjalanan menurun dan terjal serta berbatu, kita harus berhati-hati karena lumut di batu-batuan membuat jalan menjadi licin. Untuk sampai lokasi membutuhkan waktu sekitar 4 jam perjalanan menyusuri lembah hingga disamping danau. Perhatikan pula kondisi cuaca yang cukup ekstrem lantaran di siang hari cuaca akan berubah menjadi dingin. Kabut yang turun pun seringkali menghalau pandangan mata sehingga dibutuhkan kehati-hatian.

gunung Barujari dan danau Segaranak dari puncak Rinjani
menikmati pesona keindahan Rinjani
dari puncak Rinjani

Danau Segara Anak merupakan kawah besar yang tercipta dari letusan besar gunung tertinggi di Lombok, yaitu Gunung Rinjani yang terletak di kaldera gunung Rinjani Desa Sembalun Lawang, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Letusan ini terjadi sekitar 1,8 juta tahun yang lalu pada zaman Pleistosen. Danau ini memiliki lebar 10 km dengan kedalaman 230 meter. Pemandangan di sekitar danau sungguh mempesona. Di tengah-tengah danau, terdapat Gunung Baru Jari yang tingginya mencapai 2.296-2.376 meter dpl (di bawah permukaan laut). Gunung tersebut masih aktif hingga kini, bahkan terakhir meletus pada tahun 2009 silam. Danau ini terletak pada ketinggian kurang lebih 3775 mdpl.


danau Segaranak dihiasi kabut saat pagi hari
Segaranak dari Senaru
Pemandangan danau Segara Anak dari Plawangan Senaru

Ada sebuah legenda yang mengiringi terbentuknya Danau Segara Anak ini. Dinamakan Segara Anak karena berlandaskan pada artinya yakni "lautan kecil". Hal ini lantaran warna danaunya yang biru seperti lautan. Masyarakat setempat pun percaya bahwa Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak merupakan tempat singgasana dari Dewi Anjani, yakni seorang putri penguasa tempat ini. Konon, tersebutlah Raja Selaparang yang terpaksa menikah dengan makhluk halus di Gunung Rinjani untuk memohon hujan agar daerahnya yang sedang dilanda kering kerontang dapat makmur kembali. Namun adapun versi lain yang menyebutkan kalau Dewi Anjani ini adalah anak dari Raja Selaparang.


kesibukan dipagi hari, danau Segaranak
Tenda kami di pinggiran danau Segara Anak.

Bagi masyarakat Sasak Lombok, Danau Segara Anak dianggap sebagai tempat sakral. Danau ini dipercaya memiliki kekuatan makrokosmos. Oleh sebab itu, umat Hindu masih melakukan ritual Mulang Pekelem sebagai ritual memohon hujan kepada Dewi Anjani. Biasanya upacara dilakukan dengan memberikan sesajen, menyembelih tumbal, dan menenggelamkan replika hewan-hewan air yang terbuat dari emas ke dalam Danau.


Segaraanak dari Senaru
birunya air Segaraanak
menyusuri jalan setapak Senaru
pesona Segaranak dari Senaru
Danau Segaraanak dari Senaru
Danau Segaraanak dari Senaru
mengintip disela-sela pinus Senaru
danau Segaraanak dari Senaru
pesona danau Segaraanak

Air dari danau ini bewarna biru layaknya warna lautan. Di dalamnya pun tersimpan ikan-ikan yang bisa dipancing, seperti ikan mas dan ikan mujair. Porter kami membuat tenda di pinggiran danau, dari sini tampak pemandangan yang sangat luar biasa karena bertatapan langsung dengan birunya air danau Segara Anak dan panorama dari Gunung Baru Jari. Di danau ini pun memiliki sumber mata air panas. Dipercaya oleh penduduk sekitar bahwa mata air panas ini dapat digunakan sebagai pengobatan berbagai macam penyakit, tapi sayang porter kami mendirikan tenda jauh dari tempat pemandian... jadi kami tidak sempat menikmati pemandian air panas itu...
Menjelang malam, suhu semakin dingin dan suasana gelap serta sunyi senyap membuat kami ingin segera beristirahat. Dan pagi nya kami bangun dalam keadaan segar kembali, kabut turun dari lereng gunung  menutupi sebagian danau dan gunung Baru Jari membuat suasana semakin malas untuk bergerak. Kami hanya mandi pakai tisu basah karna diluar masih terasa dingin sekali. Hanya berganti pakaian, kemudian sarapan dan kami pun melanjutkan perjalanan turun gunung menuju Pelawangan Senaru.

Danau Segara Anak sangat indah, ingin rasanya berlama-lama menikmati suasana sejuknya udara dan indahnya pesona Segara Anak yang tak terlupakan.


Tim lengkap ^_^
bahagianya kita sampai di danau Segaraanak Rinjani
Sunset Plawangan Sembalun, Rinjani

Jalur trekking danau Segara Anak.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musim Semi Rasa Winter di Dolomites

Dari keindahan alam, laut mediterania hingga bangunan-bangunan kuno peninggalan sejarah, Italia memang merupakan salah satu negara te...