LIVE IS AN ADVENTURE

I think by traveling you can better appreciate yourself and the different cultures of the world... Enjoy life all around the world. To share with many people with different way of living. To love. To dance with the birds and sing with the wind....

Travelling brings color to my life. I'm travelling for the joy...
"...there is a difference between knowing the path and walking the path" - Morpheus

I am not good at writing but I want to share the adventure in my journey, but I have a lot of photo trips. Let the pictures are going to tell you about this trip ;)

Not only for the destinations, but it's about the journeys...
when you are traveling the time should be yours.

Some in my blog is using Indonesian, If you do not understand Indonesian you can use "Google Translate" at the top left of this blog. I hope this blog can be useful ...


DILARANG MENGAMBIL atau COPY PHOTO-PHOTO DALAM BLOG INI TANPA IJIN!

Selasa, 04 September 2012

Tips Bacpaking Pemula




Untuk teman-temen yang pengen coba-coba keluar negeri juga tapi blom punya pengalaman sama sekali.. Hal yang perlu dilakukan antara lain:

1. BIKIN PASSPORT

Bikin passport bisa melalui travel agent atau bisa juga ngurus sendiri. Normalnya passport jadi sekitar 2 minggu. Kalo ngurus sendiri biayanya sekitar Rp 270.000,-, tapi harus bolak-balik ke kantor Imigrasi minimal 3 kali, dan antrinya lama. Kalo pake travel agent biayanya bisa-bisa sekitar Rp 470.000,- cukup sekali doang ke kantor Imigrasi untuk foto + wawancara + ttd. passport.

Dokumen yg perlu disiapin untuk bikin passport:
- fotokopi KTP
- fotokopi Kartu Keluarga
- fotokopi Akte Kelahiran
- fotokopi surat nikah (jika ada)
- fotokopi ijazah SMA
- surat sponsor asli dari kantor (jika anda karyawan) atau dari kampus (mahasiswa).

2. BOOKING TIKET PESAWAT.

Untuk tiket pesawat murah jagoannya ya... Airasia. Harus rajin-rajin pantau websitenya Airasia biar dapet tiket promonya. Kalo mau pakai maskapai luar negeri, bisa dilihat websitenya Jetstar. Kadang-kadang ada promo Misalnya: Jkt-S'pore-Jkt cuma Rp 500.000,- PP. Jetstar ini anaknya Qantas Airways (Australia) Selama ini booking Airasia pakai kartu kredit atau kartu debit. Tapi kalo yang tidak punya kartu kredit bisa beli tiket Airasia di counter Airasia misalnya di Carrefour MT. Haryono Cawang, hanya saja harganya lebih mahal dari yang di website dan dikenai fee Rp 25.000.

3. BOOKING HOTEL/HOSTEL

Booking hotel kalo untuk diluar negeri bisa dilakukan via online. Lagi-lagi dibutuhkan kartu kredit disini. Buat yang mencari penginapan murah bisa lihat di  www.hostelworld.com atau website go holiday airasia.

Stepnya:

Buka airasia.com >> pilih negara (indonesia) dan bahasa (bahasa indonesia). Trus kita masuk ke halaman home-nya. Di sebelah kiri ada kotak yang bertuliskan penerbangan + hotel Klik di situ >> maka kita masuk ke home-nya Go holiday Airasia.

Di bagian atas berderet ada tulisan (home - hotel - activities - car - medic - hostel - tools - help - info) untuk yang ingin booking hotel minimal bintang 3, silahkan klik "hotel", tapi buat yang penginapan murah, kita klik "hostel" >> lalu kita masuk ke property search. Masukin data sesuai dengan kebutuhan kita. Tujuan Country, City, Tanggal kedatangan (arrival date), jumlah berapa malam menginap, mata uang yang digunakan, dan jumlah orang yang akan menginap disana.

Untuk hostel perhitungan harganya adalah per orang bukan per kamar. Jika traveling-nya rame-rame langsung tulis total orangnya saja, nanti urusan bagi-bagi kamar bisa diatur di halaman website selanjutnya. Setelah data terisi lengkap klik search dan kita akan masuk ke halaman property search. Di sana akan ada banyak hostel dengan keterangan singkat dan harga termurahnya. Untuk ngeliat harga dan jenis kamarnya, klik "book now".

Ada beberapa istilah yang perlu dipahami di sini:

PRIVATE = maksudnya kamar yang kita sewa akan dihuni sama kita aja
DORM = kita akan tidur di kamar bareng-bareng sama tamu lainnya. Dan biasanya kasurnya     
    bertingkat seperti di barak... Mostly isinya 6 - 8 bahkan 10 kasur per kamar.
MIXIED DORM = maksudnya kamar itu bisa dihuni perempuan dan laki-laki.
FEMALE DORM = khusus buat perempuan tapi tetep tidur dengan tamu yang lain.
ENSUITE = maksudnya kamar mandi tersedia di setiap kamar
SHARED BATHROOM = dari namanya juga ketahuan kalo ini 1 hotel, kamar mandinya rame-rame.

Jadi waktu booking hostel, selain cari harga yang murah, perhatikan juga istilah-istilahnya. Kalau sudah ketemu hostel yang cocok di hati tinggal masukin jumlah kamar dan jumlah orangnya lalu klik "book now". Di sini kita cuma perlu bayar 10%nya aja kok. Nanti pelunasannya setelah udah sampe di hostelnya. Dan bukti bookingnya akan dikirim via email.

5. CHECK-IN DI BANDARA Soe-Ta

Passport udah punya, tiket udah dibeli, kamar udah dibooking. Sekarang saatnya tiba untuk berangkat jalan-jalan. Hal yang pertama dilakukan saat masuk ke bandara adalah menuju check-in counter pesawat. Trus nanti di sana serahin tiket dan tunjukan passport, lalu mereka akan kasih print out boarding pass. Untuk bandara SoeTa kita mesti bayar airport tax Rp 150.000,- dan dibelakang boarding pass nya akan ditempelin sticker airport tax-nya. Kalo yang bawa koper gede dan ingin dimasukin ke bagasi pesawat di counter ini juga tempat nyerahin koper nya.

Selesai dari check-in, kita masuk ke imigrasi untuk di stempel passport kita dan kita isi form imigrasi. Trus menuju ke Boarding Gate. Di boarding gate nanti disensor isi tas kita. Tidak boleh bawa cairan lebih dari 100 ml, Kalo ketahuan disita sama mereka. Selesai deh urusan di bandara, tinggal nunggu pesawatnya dateng aja trus terbang.

6. CHECK OUT DI BANDARA Tujuan

Tiba di bandara tujuan, yang tasnya di titip di bagasi antri ambil di bagasi dulu. Ini bisa makan waktu 1 jam. Trus ke bagian imigrasi negara sana untuk dapet stempel juga. Di sini bakalan ditanyain kita nginep dimana, tujuan ke sana, bla-bla-bla... yaaa banyak-banyak senyum aja lah biar aman, hehehehe...

Sekarang kita bicara masalah budget. Biaya yang akan terjadi untuk pergi ke luar negeri, misalnya ke Singapore antara lain:
1. Pembuatan passport: Rp 470.000
2. Tiket pesawat: tergantung dari tiket yang dibeli.
3. Airport tax: Rp 150.000
4. Damri PP: Rp 40.000
5. Penginapan selama di Singapore: tergantung harga hostel yang dipilih.

6. Tourist Pass (untuk naik MRT & Bus unlimited): S$8/orang/hari. Hitungannya 1 hari itu dari jam 12 malam sampe jam 12 malam lagi, bukan 24 jam. Artinya kalo kita beli tourist pass nya jam 5 sore pada hari itu, jadinya cuma berlaku sampe jam 12 malem hari itu aja, bukannya jam 5 sore hari berikutnya. Tourist pass bisa dibeli di MRT Ticket Office di Terminal 2 Changi Airport.

7. Biaya makan: di sini makanan mahal. Mau makan di pinggir jalan atau di McD harganya tidak beda jauh. Sekitar S$ 6 - 7 sekali makan (sekitar Rp 50.000). Dan air putih di sini mahal banget AQUA ukuran 600 ml harganya S$1,2 (sekitar Rp.9.000)

8. Biaya lain-lain: tergantung pemakaian duit aja... Kalau buat oleh-oleh bisa ngirit, S$50 udah cukup kok. Atau kalo mau coba Universal Studio sekitar Rp 500.000 dengan berbagai macam wahana permainan teknologi canggih di Sentosa Island, budgetnya bisa lebih gede lagi.

 Ok...selamat berpetualang, semoga dapat membantu .....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musim Semi Rasa Winter di Dolomites

Dari keindahan alam, laut mediterania hingga bangunan-bangunan kuno peninggalan sejarah, Italia memang merupakan salah satu negara te...