LIVE IS AN ADVENTURE

I think by traveling you can better appreciate yourself and the different cultures of the world... Enjoy life all around the world. To share with many people with different way of living. To love. To dance with the birds and sing with the wind....

Travelling brings color to my life. I'm travelling for the joy...
"...there is a difference between knowing the path and walking the path" - Morpheus

I am not good at writing but I want to share the adventure in my journey, but I have a lot of photo trips. Let the pictures are going to tell you about this trip ;)

Not only for the destinations, but it's about the journeys...
when you are traveling the time should be yours.

Some in my blog is using Indonesian, If you do not understand Indonesian you can use "Google Translate" at the top left of this blog. I hope this blog can be useful ...


DILARANG MENGAMBIL atau COPY PHOTO-PHOTO DALAM BLOG INI TANPA IJIN!

Sabtu, 18 Agustus 2012

Batu Tapak Camping ground Cidahu, Sukabumi - Jawa Barat.




Weekend kali ini mengisi waktu dengan berkemah yang tidak jauh dari Jakarta.... akhirnya disepakati bersama menuju Perkemahan Batu Tapak Sukabumi. Kami berangkat jam 8 an pagi, jalanan tidak macet, hanya sedikit padat sedikit di pasar sukabumi. Batu Tapak adalah nama lokasi perkemahan (camping ground) yang terletak di kawasan hutan lindung bukit Cangkuang, tepatnya Desa Cidahu di kaki Gunung Salak, Sukabumi - Jawa Barat. Bersama teman-teman "Ijo Lumut" yang mengasyikkan, membuat petualangan kali ini sangat menyenangkan.



Keindahan suasana yang menyejukkan mata di Batu Tapak.


Kabut dan gerimis sudah mulai turun, tapi tidak menghalangi semangat kami untuk berkemah di Batu Tapak, Sukabumi. Petualangan akan dimulai dan tidak terlupakan karena keindahan alam yang asri di perkemahan Batu Tapak Sukabumi.


Siap menuruni bukit menuju sungai...^^
Jalur trekking menuju area perkemahan di dekat aliran sungai.
Tetap semangat walau lelah....😊


Batu Tapak memiliki lahan perkemahan yang terdiri atas 3 lapangan yang letaknya berjenjang. Area camping yang datar ini memiliki luas sekitar 2,5 hektar, berada di atas permukaan bukit yang berkontur berhiaskan batu-batu alam berukuran besar. Area perkemahan pun tertata rapi dan bersih. Dari tempat parkir ke area tenda juga dekat dan datar. Dari tempat parkir ke front office ± 25 meter jalan datar, dari front office ke tenda terdekat ± 30 meter jalan datar (tergantung pilihan lokasi).





Kami memilih berkemah di area dekat aliran sungai, untuk itu harus berjalan terlebih dahulu menyelusuri jalan setapak jalannya menurun dengan anak tangganya tanah yang dibentuk. Lumayan melelahkan dan cukup jauh. Asyiknya, di sini dekat dengan air terjun mini, plus kantin kecil. Lumayan membuat lelah juga, tapi terbayarkan dengan suasana keindahan alam yang hijau dan sungai bening menanti kami untuk bermain.





Menurut Yulius Fanumbi, Camping Site Manager Batu Tapak, asal-usul nama Batu Tapak diambil dari legenda tapak batu raksasa yang ditemukan di sekitar area perkemahan. Dengan biaya masuk lokasi Rp 10.000 per orang per malam juga menyediakan berbagai perlengkapan kemah untuk disewakan. Berkemah disini kita bisa bebas memilih mau masak sendiri seperti orang camping pada umumnya atau memilih catering dengan pengelola, dan kami pilih cara terakhir...hehehe...ada sih yang kami masak, yaitu goreng pisang dan membuat kopi untuk menghangatkan tubuh karna udara cukup dingin.


Kejauhan mata memandang dari perkemahan Batu Tapak.
Kabut-pun ikut menghiasi sungai di Batu Tapak, Sukabumi.
Gerimis mulai turun bermain dengan aliran sungai di Batu Tapak.
Gemericik sungai Batu Tapak.
Walau gerimis turun tetap ceria....


Esok paginya selepas sarapan kami berencana melakukan perjalanan ke air terjun, perjalanan kurang lebih 1,5 km ini melintasi sawah dan perkebunan penduduk setempat dan menembus hutan serta melewati aliran sungai kecil, membelah semak belukar dan menjadikan ranting sebagai tongkat. Tak bosan untuk mengabadikan pesona keindahan alam Batu Tapak.




Pemandangan yang menyejukkan mata, Batu Tapak - Sukabumi.


Hutan damar








Pemandangan indah ini bisa ditemui di sekitar perjalanan menuju air terjun di Batu Tapak Cidahu, Sukabumi.



Waktunya mengakhiri petualangan Batu Tapak Cidahu.



Untuk mencapai lokasi Batu Tapak dengan ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaan laut ini, kita dapat menggunakan kendaraan umum jurusan Cicurug-Cidahu maupun kendaraan pribadi melewati Cicurug, menuju desa Cidahu yang berjarak sekitar 15 km tidak jauh dari area Javana Spa. Cidahu sendiri merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Sukabumi, provinsi Jawa Barat.

Jika dari Bogor terus saja ke jurusan Sukabumi. Patokannya setelah melewati pasar Cicurug, ketemu pom bensin dan lewati sekitar 200 meter, belok kanan. Ada plang JAVANA SPA. Dari situ 12 Km lagi ke Batu Tapak Camping Ground. Jalan banyak dilalui oleh truk besar. Anda akan melewati pabrik Kratingdaeng dan Aqua. Jalan akan semakin menanjak dan aspalnya lumayan bagus. Pada Km 12, pilih gerbang di sisi kanan. Anda langsung masuk lokasi parkir Batu Tapak Camping Ground. Tidak ada plang keterangan memang. Kalau gerbang yang di sisi kiri ada plang keterangan Wisata Cangkuang, tapi itu camping ground milik perum Perhutani. Sedangkan Batu Tapak Camping Ground milik swasta dan sangat cocok untuk umum. Cocok untuk pemula, sebab lokasinya ditata rapi berupa kebun dengan pemandangan indah daerah Cicurug.


Peta menuju Perkemahan Batu Tapak Cidahu - Sukabumi.











9 komentar:

  1. Halooo...wahh...menarik sekali,
    saya berencana kemping ke cidahu akhir maret ini, tapi perlengkapan camping kita masih kurang, boleh info biaya penyewaan tenda di sana?

    Trims,
    Nianichi

    BalasHapus
  2. Haloo... juga mbak Nianichi..!!
    untuk perlengkapan camping bisa sewa langsung dengan management Cidahu camping ground disana.. bisa pilih mau yang tenda ala bintang 5 atau RSS....hehehe... have fun yaa...!!

    BalasHapus
  3. harga sewa lahanya brapa duit sis..???

    tks for info

    BalasHapus
  4. Sekarang penampakan di bawah ngga se asyik dulu, di seberang kali sudah ada bangunan seperti kandang ayam atau apa dengan dinding plastik biru. Jadi ngga asyik lagi buat poto poto.

    BalasHapus
  5. Minat kesini,, biayanya perorang berapa ya? dan minta alamat lengkapanya dong :D

    BalasHapus
  6. Wah info dong sis. Minat kesana nih bulan ini..

    BalasHapus
  7. Untuk biaya sewa lokasi utk camping brp pak/bu ?

    BalasHapus
  8. Budget abis berapa kira"??
    Kalo dari jakarta naek kreta

    BalasHapus

Musim Semi Rasa Winter di Dolomites

Dari keindahan alam, laut mediterania hingga bangunan-bangunan kuno peninggalan sejarah, Italia memang merupakan salah satu negara te...