LIVE IS AN ADVENTURE

I think by traveling you can better appreciate yourself and the different cultures of the world... Enjoy life all around the world. To share with many people with different way of living. To love. To dance with the birds and sing with the wind....

Travelling brings color to my life. I'm travelling for the joy...
"...there is a difference between knowing the path and walking the path" - Morpheus

I am not good at writing but I want to share the adventure in my journey, but I have a lot of photo trips. Let the pictures are going to tell you about this trip ;)

Not only for the destinations, but it's about the journeys...
when you are traveling the time should be yours.

Some in my blog is using Indonesian, If you do not understand Indonesian you can use "Google Translate" at the top left of this blog. I hope this blog can be useful ...

DILARANG MENGAMBIL atau COPY PHOTO-PHOTO DALAM BLOG INI TANPA IJIN!

Sabtu, 07 Oktober 2017

Mengunjungi Kota Tua TROGIR, Croatia

Masih di Croatia, yang dikenal sebagai negara yang memiliki banyak taman nasional. Dari letak geografisnya, Croatia adalah sebuah negara di Eropa bagian tenggara. Negara ini berbatasan dengan Bosnia-Herzegovina di selatan dan timur, Laut Adriatik di sebelah barat, Slovenia dan Hungaria di utara, Serbia di timur laut, dan Montenegro di tenggara. Zagreb adalah ibukota dan kota terbesar Croatia sekaligus pusat kehidupan budaya dan politik di negara itu. Kota-kota penting lainnya di Croatia adalah Dubrovnik, Osijek, dan Rijeka yang belum saya kunjungi. Semoga ada kesempatan dilain waktu.

Jejak selanjutnya, setelah mengunjungi kota diatas bukit: Motovun, kami mengunjungi kota tua Trogir yang dijuluki “Little Venice”. Trogir terletak hanya tiga puluh menit di sebelah barat Split dengan mobil, yang merupakan sebuah kota sejarah & pelabuhan yang cantik di tepian laut Adriatik Dalmatia, Croatia yang terletak hanya tiga puluh menit di sebelah barat Split dengan mobil. Kota ini masuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1997.

Kami berkunjung diawal bulan Oktober 2017, cuaca saat itu sangat cerah walau sudah memasuki musim gugur, sinar matahari yang sangat cerah seperti musim panas tapi angin yang berhembus menyejukkan kulit.

Kami menginap di kota Split,  setelah sarapan pagi di penginapan kami lanjut melakukan perjalanan sehari penuh menjelajahi Trogir. Kota tua ini terletak di sebuah pulau, dapat diakses dengan jembatan dari daratan. Kota ini kecil sekali. Sangat kecil kita bisa berjalan dari satu ujung ke ujung lainnya dalam beberapa menit saja, jika berjalan cepat. Tapi kota kecil ini penuh dengan pesona, pemandangan indah, disepanjang gang sempit dilapisi batu yang dibangun sejak dulu kala.

Benteng Kamerlengo, Trogir - Crotia

Setelah kami memarkirkan kendaraan, kami langsung berjalan menuju kota tua. Pertama kami disambut benteng tua yang gagah tapi usang yaitu Kamerlengo Fortress. Di dalamnya seperti cangkang yang kosong, hanya dinding dan sudut pada 4 tower masih terlihat gagah. Saya naik tangga mengelilingi dinding benteng dan mendapat kejutan diatas: wow... pemandangan indah kota nelayan tua Trogir yang dikelilingi laut dan bukit-bukit tandus yang dihiasi pohon-pohon palm menambah eksotisnya suasana mediterenia.

View dari atas Benteng Kamerlengo, Trogir

dari atas menara benteng Kamerlengo

Menurut sejarahnya, benteng Kamerlengo dibangun oleh Republic of Venice pada pertengahan abad ke-14 oleh Marin Radoj. Selain tempat bersejarah, benteng ini juga sering digunakan untuk pertunjukan musik saat musim panas. Saya membayar tiket masuk untuk mengexplor benteng yaitu sebesar 25 Croatian Kuna. Berikut pemandangan yang saya sempat rekam dengan kamera:

diatas menara benteng ada jendelanya bisa liat keluar
suasana didalam Benteng Kamerlengo

Setelah puas berpoto diatas ketinggian dinding benteng Kamerlengo, saya melanjutkan perjalanan mengeksplore kota tua dengan berjalan kaki mengunjungi historical city core dan old town  dimana terdapat bangunan peninggalan abad pertengahan 14, dipenuhi dengan berbagai kafe, bar, dan restoran serta barisan toko souvenir, juga gereja-gereja tua yang indah yang memberikan contoh menakjubkan dalam perkembangan budaya yang dapat kita telusuri hingga pada zaman Hellenistic

Saya suka berjalan di gang berbatu dan sempit dengan tidak ada lalu lintas kendaraan bermotor sehingga membuat segala sesuatu terlihat bersih dan terawat dengan baik walaupun kita bisa menemukan jemuran pakaian diantara dinding atas jalur gang ini. Tapi memang berjalan-jalan mengelilingi kota tua kadang-kadang, kami merasa seperti tidak bergerak walaupun sudah berputar-putar menjelajahi jalan-jalan berbatu dan sempit ini... karna jalan dan bentuk serta warna gedung-gedung tua itu hampir mirip... tapi itu sangat menarik seperti kita memasuki abad pertengahan.

halaman rumah warga setempat, Trogir

Berjalan kaki mengelilingi kota tua Trogir akhirnya membuat kaki lelah dan perut lapar, kami pun beristirahat disalah satu restaurant yang kami dapatkan informasi dari seorang ibu yaitu warga lokal. Dan ternyata memang benar enak sekali, ikan yang dimasak ikannya segar dan bumbunya pun pas! Harganya memang sedikit mahal tapi kami puas atas pelayanannya. Tips: jangan lupa memeriksa harga sebelum Anda duduk dan memesan makanan di restourant yaa.... apakah ada di kisaran harga biasa? yaa... untuk mencegah rasa kecewa aja sih!  ^_^

Selanjutnya, kami melintasi Gereja dan Biara St. Dominic dari luar saja. Kemudian memasuki Katedral St. Lawrence dengan tiket seharga 25 Croatian Kuna. Gereja tua bergaya romanesque architecture abad pertengahan ini dihiasi dengan interior yang indah, pintu masuk gereja dihiasi patung-patung yang unik menggambarkan Adam dan Hawa, juga ada singa dan menggambarkan pemandangan dari cerita Alkitab. Mimbar didalamnya juga klasik. Disisi sebelah kiri ada makam pastur tapi saya lupa membaca nama yang tertera dipatung yang ada diatas makam itu. Di dalam Katedral saya bisa melihat susunan lukisan dinding dan hiasan langit yang seperti di katedral yang lainnya, yang saya yakin banyak hal-hal mengandung simbolisme dalam lukisan tersebut - saya bukanlah salah satu dari ini. Tetapi, saya masih bisa mengagumi karya seni itu. Gereja ini tutup untuk turis saat ada misa di hari Minggu sampai jam 12.00 pm.

Lanjut, saya menaiki menara lonceng Katedral St. Lawrence melalui tangga spiral yang sangat sempit, untung saja saat itu tidak ramai orang yang turun atau naik, saya membayangkan saat musim panas dan pengunjung ramai, pastinya tangga ini sangat crowded! Pintu tangga berada disebrang pintu utama gereja, saya mendaki keatas menara lonceng yang tinggi dan curam... lelah? itu pasti! tapi saya tidak merasa kecewa karena setelah sampai diatas saya dikejutkan pemandangan yang sangat eksotis disekitar bangunan yang mengelilingi Katedral St. Lawrence.  Saya bisa menikmati pemandangan pulau-pulau di sekitar dari ketinggian.

Beautiful cathedral: Stunning carvings and architecture. The views from the bell tower are amazing although getting up there may be a challenge for some. A beautiful small church in the Old Town. Worth a visit if you're in Trogir!

View dari atas menara lonceng Katedral St. Lawrence, Trogir

Sebelum meninggalkan kota tua Trogir, kami sempat mampir ke pasar tradisional yang ada di area jembatan, tapi karena sudah sore pedagang hanya tinggal beberapa orang saja. Kami membeli buah-buahan untuk bekal perjalanan selanjutnya. Tips: jika ingin berbelanja, lebih baik dilakukan saat pagi karna masih banyak yang berjualan dan harga masih banyak bersaing jadi bisa dapat yang lebih murah.

Trogir, kota yang masih kental akan adat istiadat, budaya, dan keunikan warganya ini patut dikunjungi jika anda berkesempatan mengunjungi Croatia karena Trogir juga adalah kota yang sangat fotogenik.

Croatia Map

Best Things to do in Trogir:
   * Kunjungi Benteng Kamerlengo
   * Mendaki menara Katedral St. Lawrence
   * Berjalanlah ke Kota Tua

When to go:
Peak season is the summer months of June, July, and August. Expect hot weather and lots of tourists. May and September may be better times to visit, with slightly cooler weather and fewer people.