LIVE IS AN ADVENTURE

I think by traveling you can better appreciate yourself and the different cultures of the world... Enjoy life all around the world. To share with many people with different way of living. To love. To dance with the birds and sing with the wind....

Travelling brings color to my life. I'm travelling for the joy...
"...there is a difference between knowing the path and walking the path" - Morpheus

I am not good at writing but I want to share the adventure in my journey, but I have a lot of photo trips. Let the pictures are going to tell you about this trip ;)

Not only for the destinations, but it's about the journeys...
when you are traveling the time should be yours.

Some in my blog is using Indonesian, If you do not understand Indonesian you can use "Google Translate" at the top left of this blog. I hope this blog can be useful ...


DILARANG MENGAMBIL atau COPY PHOTO-PHOTO DALAM BLOG INI TANPA IJIN!

Minggu, 12 Juni 2011

Liburan Singapore




Singapura, negaranya mungil, bersih, modern, rapi, dan tertib. Tak heran wisatawan Indonesia suka bolak-balik traveling ke sini. Dalam artikel ini saya akan berikan tips dan panduan agar kamu juga bisa keliling Singapura dengan budget hemat. Simak cara mempersiapkan perjalanan, itinerary dan tips hemat selama di Singapura berikut ini:

1. Persiapan

Untuk mempersiapkan perjalanan ke Singapura ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan, di antaranya adalah:

Paspor

Pastikan masa habis berlaku paspor kamu tidak kurang dari 6 bulan. Sebagai contoh: Jika kamu berencana ke Singapura tanggal 10 Juni 2011, maka setidaknya masa habis berlaku paspor kamu adalah 20 Desember 2011. Segera perpanjang paspormu jika masa berlakunya kurang dari 6 bulan. Jangan sampai kamu gagal berangkat hanya karena paspor yang belum diperpanjang.
Pesan tiket pesawat Low Cost Carrier (LCC) harga promo

Kalau mau jalan-jalan murah ke Singapura, kamu wajib berburu tiket pesawat LCC dengan harga promo seperti AirAsia, Tigerair, atau Jetstar. Ketiga maskapai ini dikenal sering memberikan penawaran spesial. Harga normal penerbangan satu arah dari Jakarta – Singapura sekitar Rp400.000 – Rp500.000. Jika kamu beruntung, kamu bisa dapat tiket promo dengan harga murah.

Pesan hotel budget murah

Biaya hidup di Singapura bisa dibilang cukup mahal. Maka dari itu, kita perlu cerdik dalam mencari hotel murah berlokasi strategis di Singapura. Ingat, waktu booking paling ideal adalah 1 bulan sebelum tanggal kedatangan, biasanya harganya bisa dapet lebih murah. Hotel chain seperti Fragrance Hotel adalah salah satu hotel budget yang recommended.

Jika menginap di hotel dirasa masih mahal, ada alternatif lainnya dengan menginap di hostel. Perbedaaan hotel dengan hostel adalah pada konsep kamarnya. Di hostel biasanya tipe kamarnya adalah dorm (seperti asrama) dengan banyak tempat tidur. Rata-rata harga hostel di Singapura sekitar Rp200 ribuan untuk satu malam.



2. Itinerary

Berikut ini adalah itinerary perjalanan yang perlu disiapkan dalam menjelajah Singapura selama 3 hari atau cukup diwaktu weekend trip. Kenapa itinerary kita perlu siapkan? agar setibanya kita di Singapura tidak bingung mau kemana tujuan kita dalam liburan.

Hari 1: Dari Bandara Internasional Changi menuju hotel di pusat kota Singapura, Merlion Park.

Kami take off dari Jakarta (Bandara Internasional Soekarno-Hatta) hari Jumat tanggal merah saat itu, pukul 06:00 pagi menggunakan pesawat AirAsia. Waktu tempuh perjalanan sekitar 2 jam. Karena waktu lokal Singapura lebih awal 1 jam dari Jakarta, maka kami tiba pukul 07:00 waktu setempat. Tiba di Bandara Internasional Changi, kami langsung menuju terminal 2 di mana terdapat Mass Rapid Transportation (MRT) yang langsung menuju pusat kota Singapura. Kami memilih menggunakan MRT karena transportasi ini adalah yang tercepat dan termurah untuk menjangkau hotel di pusat kota Singapura. Lokasi yang kami tuju adalah Hotel Fragrance Ruby yang beralamat di Jl. 10 Lorong 20 Geylang, Singapura. Lokasi hotel cukup strategis, dekat dengan Stasiun MRT Aljunied yang berjarak 10 menit berjalan kaki. Perjalanan dari bandara ke Stasiun Aljunied menggunakan MRT hanya butuh waktu sekitar 30 menit. Tarif MRT dari bandara ke Stasiun Aljunied hanya SGD 2,10. Tiba di hotel, kami langsung check-in dengan menunjukkan kertas bookingan hotel yang telah kami pesan. Selesai check-in kami langsung ke kamar untuk beristirahat sebentar sebelum keliling kota Singapore.
 
Setibanya kami di Merlion Park, kami hanya menikmati landscape Singapura dengan berfoto dan duduk-duduk santai. Semua landmark Singapura bisa disaksikan dari Merlion Park. Di antaranya Singapore Flyer, Esplanade, Singapore ArtScience Museum, Marina Bay Sands dan tentunya Patung Merlion. Setelah selesai dan puas berfoto kami balik ke penginapan. Kami menggunakan MRT Stasiun Raffles Place. Harga tiketnya SGD 1,30.





Hari 2: Universal Studio, Merlion Park dan Marina Bay Sands

Kami bangun pagi hari pukul 08:00 dan bersiap-siap untuk menjelajah kota Singapura. Tujuan pertama kami adalah ke Sentosa Island tempat dimana taman petualangan Universal Studio berada. Untuk menuju Sentosa Island, kami menggunakan MRT dari Stasiun Aljunied lalu turun di Stasiun Harbourfront. Waktu tempuh dari Stasiun Aljunied sekitar 30 menit dengan tarif SGD 2. Tiba di Stasiun Harbourfront, kami melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Sentosa Express dengan tarif SGD 4 untuk perjalanan pergi pulang (PP).

Banyak atraksi yang bisa dicoba di sini. Atraksi yang paling ramai dikunjungi turis di Sentosa Island adalah Universal Studio. Tidak jauh dari bola dunia Universal Studio, ada toko cokelat Hershey’s. Kami menyempatkan untuk membeli beberapa bungkus coklat sebagai oleh-oleh untuk kerabat di Indonesia.




Setelah puas berkeliling, kami melanjutkan perjalanan ke destinasi selanjutnya, yakni Marina Bay Sands. Beruntung bagi kami saat itu ada seorang teman menginap di Marina Bay Sands, kami diundang untuk datang. Marina Bay Sands merupakan landmark ikonik Singapura, simbol kemewahan dan kehidupan glamor Singapura. Kasino, mal, hotel, dan perkantoran semua menjadi satu di sini. Dari Harbourfront, kami menggunakan MRT dengan tujuan Stasiun Bayfront. Waktu tempuh menggunakan MRT sekitar 15 menit dengan tarif SGD 1,23.


Menara Marina Bay Sands








Tidak jauh dari Marina Bay Sands ada Merlion Park yang merupakan atraksi utama Singapura. Kami hanya berjalan kaki sekitar 5-10 menit dan sampai di jembatan besi yang menghubungi Merlion Park.






di Universal Studio Singapore



Hari 3: Orchard Road, Bandara Internasional Changi

Di hari ketiga adalah hari terakhir kami mengunjungi Orchard Road, shoping center dan mengunjungi toko lengkap Mustafa untuk membeli oleh-oleh sebelum mengakhiri perjalanan kami di kota singa ini.

Dan sore hari kami balik ke Jakarta tepat pukul 17:00 kami take off dari bandara Changi menuju Jakarta dengan pesawat Airasia. Secara keseluruhan, kami puas akan perjalanan ke Singapura ini, karena banyak hal yang kami alami walau dengan budget terbatas. Dari perjalanan ini saya sadar, ternyata untuk traveling ke luar negeri dengan budget hemat bukanlah sesuatu yang mustahil asal direncanakan dengan matang.






3. Tips hemat

Kartu MRT

Saya sarankan untuk membeli kartu MRT (multi trip) untuk turis yang dijual di beberapa Stasiun MRT. Dengan menggunakan kartu multi trip, kamu akan mendapatkan dua keuntungan. Pertama, kamu akan dikenakan tarif lebih murah daripada tiket satuan (single trip). Kedua, kamu dapat menggunakan kartu multi trip tidak hanya untuk MRT tapi juga untuk bus umum. Untuk membeli kartu multi trip, cukup dengan merogoh kantong sebesar SGD 12, kamu akan mendapatkan saldo sebesar SGD 7. Jika saldo menipis, kamu bisa mengisi saldo dengan minimal top up sebesar SGD 10. Jika ternyata saldo kartu masih tersisa saat ingin meninggalkan Singapura, kamu bisa mengembalikan kartu untuk ditukar dengan uang cash sisa saldo kartu tersebut.

SIM card lokal

Jika kamu ingin selalu online selama liburan di Singapura, saya sarankan untuk membeli SIM card lokal dari provider Singtel. Kartu SIM ini bisa didapatkan dengan mudah di toko-toko 7-11 (Seven Eleven). Pastikan kamu membawa paspor saat membelinya, karena kamu akan diminta menunjukkan paspor untuk verifikasi data. Harga SIM card hanya SGD 15, kamu akan mendapatkan saldo sebesar SGD 18. Sangat lebih dari cukup untuk langganan paket data selama seminggu di Singapura.

Restoran dengan menu Halal

Bagi kamu yang mencari makanan halal, ada tersedia di warung makan khas India dan Melayu. Menu yang saya suka dari masakan India adalah nasi briyani. Nasi briyani mirip seperti nasi goreng, hanya saja ada tambahan bumbu kare khas india yang membuat rasanya semakin mak-nyus! Saya juga menemukan warung makan khas Indonesia yang terletak tidak jauh dari hotel tempat saya menginap. Warung makan ini jadi tempat makan favorit saya selama di Singapura karena harganya murah. Selain itu, menu lauk pauknya mirip menu warteg.

Kalau mau mencoba cemilan murah tapi mengenyangkan, kamu bisa menjajal roti prata. Cara makannya pun cukup simpel hanya dengan mencocol roti ke kuah kare yang disediakan. Roti ini biasanya tersedia di rumah makan khas India dengan harga SGD 1 untuk satu porsi.

Harga yang dicantumkan dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada berbagai kondisi. Kamu bisa lebih berhemat dengan memilih akomodasi yang paling cocok dengan gaya traveling kamu. Happy Traveling...!!
Di mana dowload peta MRT Singapura?
Silakan download peta MRT di sini.
Jam berapa MRT beroperasi?
MRT beroperasi sekitar jam 6.00 pagi sampai tengah malam. Untuk info lebih lanjut silakan buka Naik MRT di Singapura.

Di mana letak stasiun MRT di Bandara Changi?
Stasiun MRT di Bandara Changi letaknya di terminal 2, agak jauh dari pintu keluar. Ikuti petunjuk arah Train to City. Bila anda di terminal 1 atau terminal 3, naiklah sky train ke terminal 2 terlebih dahulu.

Bagaimana cara naik MRT dari Changi ke Bugis?
Bila anda mau ke Bugis, silakan ke stasiun MRT di terminal 2. Berikut urutan naik keretanya:
  • naik kereta dari Changi jurusan Tanah Merah
  • turun di Tanah Merah, pindah ke kereta jurusan Joo Koon
  • turun di stasiun Bugis
  • untuk lebih jelasnya silakan lihat Peta MRT Singapura
Bagaimana cara naik MRT dari Changi ke Orchard?
Bila anda mau ke Orchard road, silakan ke stasiun MRT di terminal 2. Berikut urutan naik keretanya:
  • naik kereta dari Changi jurusan Tanah Merah
  • turun di Tanah Merah, pindah ke kereta jurusan Joo Koon
  • turun di City Hall, pindah kereta jalur merah ke jurusan Jurong East
  • turun di stasiun Orchad
  • untuk lebih jelasnya silakan lihat Peta MRT Singapura
Bagaimana cara naik MRT dari Changi ke Universal Studio Singapora (USS)?
USS letaknya di dalam pulau Sentosa, jadi semua transportasi ke pulau Sentosa sama dengan transportasi ke USS. Berikut urutan naik MRT bila mau ke Sentosa Island:
  • naik kereta dari Changi terminal 2 ke jurusan Tanah Merah
  • turun di Tanah Merah, pindah ke kereta jurusan Joo Koon
  • turun di Outram Park, pindah ke kereta jalur ungu ke Harbour Front
  • turun di Harbour Front, kemudian keluar ke arah Vivo City
  • dari Vivo City anda bisa naik bus yang letaknya di depan mall; jalan kaki lewat board walk ke Sentosa Island; atau naik sky train di lantai 3 mall VivoCity
  • untuk informasi lebih lanjut silakan buka Universal Studio Singapore dan Peta MRT Singapura



Kalau mau ke Mustafa, Little India turun di stasiun mana?
Anda dapat naik MRT jalur ungu dan turun di stasiun Farrer Park. Anda juga bisa turun di stasiun Little India namun harus jalan jauh untuk ke Mustafa.

Kalau mau ke Merlion Park, turun di stasiun mana?
Anda dapat naik MRT jalur hijau/merah dan turun di Raffless Place. Dari Raffless Place jalan ke arah Boat Quay/Hotel Fullerton. Dari Hotel Fullerton seberangi jalan ke arah Merlion Park.

Kalau mau ke Marina Bay, turun di stasiun mana?
Anda dapat naik MRT jalur kuning dan turun di Bayfront. Anda juga dapat turun di stasiun Marina Bay, namun harus jalan agak jauh.

Kalau mau ke Geylang, turun di stasiun mana?
Anda dapat naik MRT jalur hijau dan turun di stasiun Ajunied. Dari stasiun Aljunied jalan kaki sebentar ke arah Geylang street.

Kalau mau ke Boat Quay, turun di stasiun mana?
Anda dapat naik MRT jalur hijau/merah dan turun di Raffless Place. Dari Raffless Place silakan jalan ke arah Boat Quay.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musim Semi Rasa Winter di Dolomites

Dari keindahan alam, laut mediterania hingga bangunan-bangunan kuno peninggalan sejarah, Italia memang merupakan salah satu negara te...