LIVE IS AN ADVENTURE

I think by traveling you can better appreciate yourself and the different cultures of the world... Enjoy life all around the world. To share with many people with different way of living. To love. To dance with the birds and sing with the wind....

Travelling brings color to my life. I'm travelling for the joy...
"...there is a difference between knowing the path and walking the path" - Morpheus

I am not good at writing but I want to share the adventure in my journey, but I have a lot of photo trips. Let the pictures are going to tell you about this trip ;)

Not only for the destinations, but it's about the journeys...
when you are traveling the time should be yours.

Some in my blog is using Indonesian, If you do not understand Indonesian you can use "Google Translate" at the top left of this blog. I hope this blog can be useful ...


DILARANG MENGAMBIL atau COPY PHOTO-PHOTO DALAM BLOG INI TANPA IJIN!

Sabtu, 05 Juni 2010

Mengunjungi Sagrada Familia Barcelona


Sagrada Familia Barcelona


Kunjungan pada saat musim semi dibulan May. Sagrada Familia adalah karya Antoni Gaudi yang belum selesai, yang merupakan salah satu atraksi paling populer tujuan wisata di Barcelona. Pembangunan gereja ini akan berlanjut selama setidaknya beberapa dekade lagi, tapi sudah menjadi maskot kota Barcelona.

Mungkin ini adalah sebuah karya seni arsitektur yang proses konstruksi pembuatannya terlama sepanjang sejarah. Sebuah seni tingkat tinggi. Sebuah karya seni seorang arsitek yang membutuhkan sebuah kota sebagai media kanvasnya.


Sudah tidak asing lagi kita mendengar kata 'Barcelona' karna sudah lama dikenal telinga orang Indonesia lewat sebuah lagu lawas yang sempat ngetop pada masa-nya. Barcelona, adalah sebuah kota tepi pantai yang setiap sudutnya dihiasi dengan karya-karya seni. Dari kebanyakan karya seniman di sana, karya Antoni Gaudi lah yang menjadi ikon dari Kota Barcelona itu sendiri.

Antoni Gaudi (1852 – 1926) adalah seorang arsitek yang namanya mencelat setelah ia memenangkan sebuah lomba desain bangunan di Barcelona. Sejak itu Gaudi tidak pernah berhenti berkarya membuat bangunan-bangunan yang sangat khas di tiap sudut kota. Lewat ciri karya arsiteknya ini lah kelak Barcelona seakan memiliki budaya arsitekturnya tersendiri. Salah satu yang menjadi ikonnya adalah gereja La Sagrada Familia atau jika diterjemahkan menjadi gerejanya holy family. Sebuah gereja yang mulai dikerjakan sejak tahun 1882 dan hingga hari ini masih perlahan-lahan terus dikerjakan konstruksinya entah sampai kapan akan selesai...

Menurut sejarahnya: Basilika Sagrada Familia berasal dari inspirasi penjual buku Katalan, Josep Maria Bocabella, pendiri Asociación de Espiritual Devotos de San José (Asosiasi Spiritual Pemuja St Yosef). Setelah mengunjungi Vatikan. Pada tahun 1872, Bocabella kembali dari Italia dengan tujuan membangun sebuah gereja terinspirasi oleh yang di Loreto. Ruang bawah tanah gereja, didanai oleh donasi, dimulai 19 Maret 1882, pada festival St Yosef, dengan desain arsitek Francisco de Paula del Villar, merupakan program untuk kebangkitan gereja Gothic.  

Antoni Gaudi mulai mengerjakan proyek pada tahun 1883. Pada 18 Maret 1883 Villar pensiun dari proyek, dan tanggung jawab diasumsikan kepada Gaudí untuk desain, dan akhirnya berubah secara radikal. Tetapi sayang,  mendadaknya sang arsitek Gaudi yang meninggal saat dalam proses pembangunan dikarenakan kecelakaan yang dialaminya. Saat itu kondisi konstruksinya baru 20%. Pengerjaan dilanjutkan lewat gambar kerja dan interpretasi arsitektur yang melanjutkannya.


Barcelona Tourist Map

Selain itu adalah masalah dana, perjalanan panjang pembangunan gereja ini juga menghadapi berbagai krisis. Beberapa kali dihantam kerusuhan, perang dunia, bahkan perang saudara. Bangunan ini jelas telah menjadi saksi sejarah Barcelona.




Hampir 2 abad lamanya hanya untuk membuat sebuah gereja dengan luas wilayah sekitar 5 hektar ini. Dengan lamanya proses pengerjaannya ini, maka tidak heran jika bangunan ini melibatkan bukan saja banyak pekerja konstruksi namun juga banyak arsitek yang bekerja saling melanjutkan. Namun, walaupun dalam situasi pembangunan, gereja ini tetap dibuka bagi para pengunjung. Tiket masuk gereja dikumpulkan sebagai bentuk donasi biaya pembangunan.




Gaudi lebih mirip sebagai seorang seniman yang media karyanya adalah bangunan. Tiap detil desain diolah dengan cermat dan penuh dengan nilai estetika tinggi. Kecermatan Gaudi dalam mendesain tiap detil bangunan ini sangat terlihat dari detil bangunan gereja. Tiap kolom terisi karya patung yang bercerita dengan gaya gothic. Begitupun dengan lekukan-lekukan bangunan ini, nampak sangat terolah sekali.

Rencananya, pemerintahan Kota Barcelona akan melanjutkan proyek penyelesaian gereja La Sagrada Familia ini. Pengerjaan mulai dibantu dengan teknologi komputer untuk merekayasa bagian-bagian yang hilang saat terjadi kerusuhan-kerusuhan tadi. Tapi bukan dengan mempercepat pengerjaannya. Gereja ini rencanaya akan diselesaikan tahun 2026. Tepat dua abad memperingati kematian Antoni Gaudi. Terlalu lama? nampaknya tidak juga, karena Gaudi pun mengerjakan gereja ini dengan hati-hati dan perlahan-lahan. Seperti kata Gaudi “my client is not in hurry”.


Tower of  Sagrada Familia Barcelona
Gaudi Art at Tower of Sagrada Familia


Nah... jika berkesempatan berlibur ke Barcelona, mungkin ada baiknya mengunjungi La Sagrada Familia ini lebih awal. Kemudian kita akan kagum dan tersadar ketika mulai mengunjungi tempat lain, betapa desain Gaudi ini sangat mempengaruhi semua elemen estetik Barcelona. Gaya gothic milik Gaudi ini seakan sudah menjadi ikon resmi Kota Barcelona. Bagi warga Barcelona pun gereja buatan Gaudi ini seakan menjadi pengikat hubungan antara warga Catalan dari generasi ke generasi.

Jika Anda ke Barcelona jangan lupa pada karya-karya besar Antoni Gaudi. Coba Anda bayangkan apa yang terjadi jika Barcelona tanpa Antoni Gaudi. 😉


Dekorasi detail from Sagrada Familia


Walupun gereja ini belum sempurna pembangunannya tetapi telah diakui sebagai World Heritage Site oleh UNESCO. Waktu paling ideal untuk mengunjungi La Segrada Familia Katedral yaitu pada musim semi untuk awal musim panas. Untuk menghindari kerumunan dan antrian panjang wisatawan pada saat musim panas yaitu sekitar bulan Juli dan Agustus. Untuk mencapai tempat ini, dengan naik Metro dan berhenti di stasiun Sagrada Familia. Stasiun ini terletak  di bawah tanah Sagrada Familia, dengan arah jalan yang jelas Anda pasti tidak akan tersesat hehehe.... Selamat Traveling yaaa!


berada di dalam Museum Sagrada Familia
Desain gambar Sagrada Familia karya Antoni Gaudi


Padat dan ramainya gedung-gedung pemukiman di kota Barcelona terlihat dari atas menara gereja Sagrada Familia. Dengan warna merah bata orange mendominasi kota ini. Indah sekali.


View from the top of Sagrada Familia, Barcelona










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musim Semi Rasa Winter di Dolomites

Dari keindahan alam, laut mediterania hingga bangunan-bangunan kuno peninggalan sejarah, Italia memang merupakan salah satu negara te...