LIVE IS AN ADVENTURE

I think by traveling you can better appreciate yourself and the different cultures of the world... Enjoy life all around the world. To share with many people with different way of living. To love. To dance with the birds and sing with the wind....

Travelling brings color to my life. I'm travelling for the joy...
"...there is a difference between knowing the path and walking the path" - Morpheus

I am not good at writing but I want to share the adventure in my journey, but I have a lot of photo trips. Let the pictures are going to tell you about this trip ;)

Not only for the destinations, but it's about the journeys...
when you are traveling the time should be yours.

Some in my blog is using Indonesian, If you do not understand Indonesian you can use "Google Translate" at the top left of this blog. I hope this blog can be useful ...


DILARANG MENGAMBIL atau COPY PHOTO-PHOTO DALAM BLOG INI TANPA IJIN!

Minggu, 18 Maret 2012

Visa Korea Selatan





Mendengar kata KOREA, langsung saja terbayang penyanyi-penyanyi K-POP yang keren dan cute, belum lagi drama televisi yang banyak digandrungi saat ini. Tidak sampai disitu saja, jalan-jalan wisata ke Korea juga menjadi trend saat ini.  

Korea Selatan bukan termasuk kawasan Asia Tenggara (yang bebas visa buat warga ASEAN) maka aturan yang berlaku adalah Saya harus mendapatkan visa sebelum datang ke Korea. Pengurusan visa sendiri harus dilakukan di Kedutaan Korea Selatan resminya Kedutaan Korea terletak di jalan Gatot Subroto, namun karena ada renovasi gedung maka untuk sementara pindah ke The Plaza Office lantai 30, letaknya diantara Plaza Indonesia dan EX.  Dan artinyanya kudu siapin segala persyaratannya deh...

Proses aplikasi visa berlangsung cukup cepat, yakni antara 3-5 hari kerja saja. Anda bisa mengajukan aplikasi secara langsung ke  Kedubes Korea Selatan di Jakarta biaya aplikasi visa USD 30 (tidak dikembalikan kalau aplikasi visa ditolak).
  
Sebelum mengajukan visa sebaiknya mempelajari dulu dari website kedutaan Korea, bisa dilihat di:  Prosedur Pengeluaran Visa >> Klik disini..!

Prosedur pengajuan visa dengan kunjungan maksimal 30 hari adalah:
Dokumen yang perlu disiapkan:

1) Formulir permohonan visa Download (PDF)  dilengkapi dengan pas photo 4x6: 1 lembar.

2) Itinerary atau Jadwal Perjalanan (semua kegiatan sejak masuk hingga keluar Korea Selatan), sesuaikan dengan jadwal booking tiket pesawat dan jangan lupa tulis tempat penginapan dan alamatnya yang sudah direncanakan.

3) Harus menyertakan PASPOR dengan masa berlaku minimal 6 bulan sejak hari keberangkatan.

4) Kartu keluarga

5) Jika anda sudah bekerja, sertakan Surat Keterangan Kerja dari perusahaan. Jika Anda belum bekerja (masih bersekolah), Surat Keterangan dari Sekolah/Universitas dalam bahasa Inggris.

6) Fotokopi Bukti Keuangan pribadi selama 3 bulan terakhir dengan saldo yang mencukupi (tergantung dengan durasi perjalanan yang hendak dilakukan). PILIH SALAH SATU:
  • Laporan buku tabungan dalam 3 bulan terakhir 
  • Tagihan kartu kredit dalam 3 bulan terakhir
  • SPT (dikeluarkan oleh Directorate Jenderal Pajak)
7) Hal lainnya lagi yang mutlak harus disiapkan saat memasukkan aplikasi visa adalah "Bookingan" Tiket Pesawat Udara (pulang pergi) ini  bisa diminta pada Travel Agent. Mengingat visa belum pasti keluar jadi bentuknya cukup bookingan dahulu. Setelah visa ditangan, baru kemudian hunting tiket promo ke Korea dimulai.

Penerimaan Aplikasi Visa : 09:00~12:00 (Sebelum makan siang)
Penyerahan Visa : 13:30~16:30 (Setelah makan siang)

Bentuk Visa Korea berupa stiker yang ditempel di halaman Passport kita.


Tips dan Trik dapetin visa Korea:
Ada yang mudah mendapatkan visa tetapi ada juga yang ditolak. Nah berikut tips dari pengalaman Saya mendapatkan visa. 

Dokumen Tambahan, Itinerary dan Bookingan Tiket Pesawat (PP) >> meski tidak termasuk dalam syarat dokumen pengajuan visa tetapi Itinerary dan bookingan tiket pesawat sangat penting, karena ini sebagai bukti bahwa kita benar-benar turis (bukan pencari kerja ilegal) yang pergi ke Korea untuk berlibur dan akan kembali ke Indonesia sesuai dengan tanggal yang tertera pada tiket pulang. Bookingan tiket pesawat kita bisa minta pada travel agent by email (biasanya tidak ada fee untuk bookingan tiket pesawat) tetapi jangan lupa membatalkannya kalo masih ingin mencari tiket yang lebih murah yaa.... Ingat, tiket pesawat ini hanya bookingan bukan membeli, karena visa belum pasti didapat.

Saldo buku tabungan, jika memilih laporan buku tabungan dalam 3 bulan terakhir sebagai lampiran syarat bukti keuangan dengan didukung 'Surat Keterangan dari Bank' tempat kita menabung (umumnya dikenai biaya Rp 50.000). Untuk saldonya jangan terlihat sedikit sesuaikan dengan durasi perjalanan yang hendak dilakukan. Kalau bisa dari jauh-jauh hari menabung agar jumlah saldonya agak banyak. Hal ini sebagai bukti bahwa sebagai turis kita benar-benar siap dalam hal dana selama di Korea.


Well Prepare, sekali lagi penuhi syarat2nya, terutama bagian soal bukti laporan keuangan, sebaiknya meski mengandalkan buku tabungan 3 rekening terakhir, tapi ada baiknya membawa juga bukti lain seperti laporan SPT atau tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir. Karena, kalau bolak-balik kedutaan hanya untuk melengkapi dokumen yang kurang sangat buang-buang waktu sekali.  

Datang tepat waktu, untuk mencegah antrian yang panjang lebih baik kita tiba lebih dulu karna saat liburan sekolah atau high season seperti musim semi dan musim gugur ramai sekali yang mengajukan visa. Perlu diingat bahwa selain indivual traveler, ada juga agen-agen travel yang mengurus visa untuk klien-nya, bahkan 1 orang bisa mewakili 8-10 passport/dokumen orang lain. Padahal diperlukan waktu sekitar 5 menit untuk memeriksa kelengkapan dokumen 1 orang. Hal ini berlaku juga untuk pengambilan visa.

Baiklah, semoga bermanfaat ya informasinya, dan selamat berlibur ke Korea! ;)


Alamat KEDUBES KOREA SELATAN
The Plaza Office Tower, Lt. 30 Jl. H.M. Thamrin Kav.28-30, Jakarta Pusat 10350
(TEL) 62-21-2992-2500
(FAX) 62-21-2992-3131/3044
(No. Tel. Darurat) 62-811-852-466














Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musim Semi Rasa Winter di Dolomites

Dari keindahan alam, laut mediterania hingga bangunan-bangunan kuno peninggalan sejarah, Italia memang merupakan salah satu negara te...