LIVE IS AN ADVENTURE

I think by traveling you can better appreciate yourself and the different cultures of the world... Enjoy life all around the world. To share with many people with different way of living. To love. To dance with the birds and sing with the wind....

Travelling brings color to my life. I'm travelling for the joy...
"...there is a difference between knowing the path and walking the path" - Morpheus

I am not good at writing but I want to share the adventure in my journey, but I have a lot of photo trips. Let the pictures are going to tell you about this trip ;)

Not only for the destinations, but it's about the journeys...
when you are traveling the time should be yours.

Some in my blog is using Indonesian, If you do not understand Indonesian you can use "Google Translate" at the top left of this blog. I hope this blog can be useful ...


DILARANG MENGAMBIL atau COPY PHOTO-PHOTO DALAM BLOG INI TANPA IJIN!

Minggu, 06 Juni 2010

Mengunjungi Istana Château de Versailles.




Istana Versailles, atau Château de Versailles, merupakan istana kerajaan Perancis yang terletak di Versailles, 20 km barat daya dari kota Paris dari hasil karya tangan dingin French Baroque ini merupakan salah satu istana terluas dan terindah di dunia dibangun pada masa kejayaan Raja Louis XIV. Dan menjadi model banyak istana lain di Eropa. Istana ini juga sudah masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1979 dan taman nya merupakan taman istana terluas di dunia.


Patung Raja Louis XIV menyambut pengunjung istana Versailles




Sejarah singkat,

Sedikit mengenai sejarah dari Istana Versailles ini, pada awal pertama berdirinya istana ini hanya digunakan sebagai tempat peristirahatan bagi keluarga kerajaan yaitu sebagai pondok berburu yang dibangun oleh Raja Louis XIII di wilayah barat Kota Versailles. Setelah Raja Louis XIII wafat, putranya Louis XIV bertekad untuk membangun istana di lokasi tersebut untuk mengenang ayahnya. Pekerjaan pembangunan itu dimulai pada 1661 di bawah arahan arsitek Perancis terkenal di masanya, Louis Le Vau. Tujuh belas tahun kemudian, arsitek Jules Hardouin-Mansart turut membantu desain arsitektur istana tersebut.

Istana Versailles selanjutnya masih mengalami perubahan dan perluasan dibawah pemerintahan Raja Louis XV dan Raja Louis XVI tapi tidak sebesar pada masa Raja Louis XIV.

Selanjutnya, keluarga kerajaan dan istana mengalami keterpurukan saat terjadi Revolusi Perancis pada tahun 1789. Raja Louis XVI dan istrinya Marie Antoinette yang berasal dari Austria itu ditangkap lalu dihukum penggal tahun 1793 di alun-alun Place de la Concorde dan perabotan istana dilelang antara tahun 1793-1795. Istana pun disebut-sebut akan dijual atau disewakan dan patung-patung besi di taman diusulkan untuk dicairkan guna membuat meriam, meskipun akhirnya kedua rencana ini ditangguhkan.

Setelah revolusi Perancis berlalu, Napoleon menghabiskan musim panas di Versailles hingga ia turun tahta. Pada tahun 1830, Louis – Phillipe mengubah fungsi istana menjadi sebuah grand museum. Hingga saat ini, wisatawan yang berkunjung ke Versailles masih dapat menikmati interior istana yang spektakuler dilengkapi dengan sebuah taman terkenal di dunia bernama Geometric Garden.


Marie Antoinette


Interior istana dipenuhi dekorasi yang megah menawan. Ruang-ruangan di seantero istana memiliki tatanan yang berbeda dengan peruntukan yang beragam. Saat ini, Versailles Palace dibuka untuk pengunjung meskipun juga sebagian terkadang masih digunakan untuk rapat senat dan majelis nasional Perancis. Dengan gaya arsitektur klasik, interior indah dan mewah, serta taman yang indah dan luas tak ayal istana Vesailles menjadi salah satu tempat wisata terpopuler di Perancis. Dengan membeli tiket masuk, kita bisa melihat komplek istana Versailles yang mengagumkan ini, meliputi bangunan utama istana Versailles (Palace), 2 Trianon Palace, taman dan orangery, serta Marie Antoinette Estate yang meliputi sejumlah bangunan menarik.





Di bangunan Utama Istana Versailles total terdapat 2300 ruangan. Yang bisa dimasuki pengunjung diantaranya adalah ruangan-ruangan di Grand Apartments of the King and Queen, Hall of Mirrors, Chapel of Versailles, Gallery of Battles, Apartment of Merdames, Palace History Gallery, dan juga beberapa ruang pameran.







Grand Apartments, terdapat dua set Grand Apartments yaitu Grand Apartmens of The King dan Grand Apartmens of The Queen. Keduanya terletak dilantai utama lantai dua dan terletak berhadapan. Desain asli Grand Apartmens of The King terdiri dari 7 ruangan yang masing-masing didedikasikan untuk planet dan bintang dan asosiasinya dengan dewa dan dewi Romawi. 

Grand Apartmens of The Queen, yang telah menjadi tempat tinggal 3 Ratu Perancis yaitu Marie-Thérèse d'Espagne istri dari Raja Louis XIV, Marie Leszczyńska istri dari Raja Louis XV, dan terakhir Marie Antoinette istri dari Raja Louis XVI.

Setelah Raja Louis XVI naik tahta, Marie Antoinette memerintahkan untuk redekorasi Grand Apartment Queen menjadi lebih indah dan mewah, sedangkan Chambre de la Reine sebagai kamar tidur yang begitu luar biasa megahnya. Diruang ini lah terdapat sebuah pintu rahasia 'dipojok' ruangan dekat lemari perhiasan yang digunakan Marie Antoinette untuk melarikan diri pada malam 06 Oktober 1789 saat massa dari Paris menyerbu istana Versailles. Pintu rahasia itu terhubung dengan koridor privat yang menghubungkan Grand Apartment Ratu dengan Grand Apartment Raja.


Chambre de la Reine Queen Marie Antoinette


Hall of Mirors, merupakan sebuah aula besar dengan 17 cermin dinding yang merefleksikan bayangan jendela didepannya. Aula ini didominasi warna emas dan kecoklatan dengan dihiasi lampu-lampu kristal putih menggantung dibagian tengah sepanjang hall. Deretan patung juga menghiasi aula sementara jendela depannya menghadap ke taman istana. Hall of Mirors dibangun pada tahun 1690 dimasa pemerintahan Raja Louis XIV dan merupakan tempat berlangsungnya  upacara-upacara penting kerajaan, salah satunya pada saat penandatanganan Treaty of Versailles oleh Jerman pada tahun 1919 yang menandakan berakhirnya perang dunia I. Jika anda kesini jangan lewatkan juga amati langit-langit Hall of Mirors yang dihiasi lukisan dinding yang indah.



The Hall of Mirrors at The Versailles Palace


Chapel of Versailles, Chapel yang dibangun pada tahun 1689 pada masa Raja Louis XIV. Chapel ini memiliki kombinasi bergaya Gothic dan Baroque style, didominasi warna putih dari tiang-tiang marmernya dan warna kuning keemasan dari warna lantai marmernya dan juga lukisan yang menghiasi langit-langit chapel. 


Chapel of Versailles


Gallery of Battles, ruang aula besar yang memamerkan berbagai lukisan dengan ukuran yang berbagai macam dengan karya seni para sang maestro. Galeri ini juga dirancang sebagai penghargaan dan mengenang para pejuang bangsa dengan menyajikan delapan puluh patung perwira terkenal yang tewas dalam pertempuran bersama dengan plak perunggu yang bertuliskan nama-nama tokoh terkenal lainnya.






The Galerie des Batailles


Setelah puas menikmati keindahan bangunan istana, kami lalu berjalan menuju taman istana. Kami berjalan dari sisi barat istana bersama pengunjung istana lainnya saling beriringan dan berpapasan. Keindahan rancang bangun Istana Versailles dilengkapi dengan tatanan taman istana yang tak kalah indahnya.

Garden of Versailles, seperti semua istana Palace of Versailels juga memiliki taman. Taman istana Versailles merupakan taman istana terluas didunia dengan luas mencapai 100 hektar dengan berupa formal garden dengan jalan taman, rumput, pepohonan yang dibentuk dengan pola-pola geometrik. Taman ini didesain oleh landscape gardener André Le Nôtre pada abad 17 sebagai taman formal bergaya khas Perancis. Taman ini meliputi bangunan Orangery, beberapa kolam, air mancur juga kanal.


Latona Fountain Gardens of  Versaille
salah satu kolam di taman istana Versailles


Marie Antoinette Estate, Beberapa bangunan yang bisa dikunjungi di Marie Antoinette Estate adalah Chapel, French Pavilion, Queen's Theatre, Temple of Love, Grotto (gubuk), English Garden, Dairy dan Queen's Hamlet. Menuju Marie Antoinette Estate, sebaiknya menggunakan kereta shuttle karena cukup jauh untuk berjalan kaki. Ada dua kediaman saling berjauhan yaitu Petit Trianon yang berupa bangunan kerajaan kecil dan Queen's Hamlet berbentuk gubuk-gubuk mungil, lucu, dan cantik bila dilihat dari kejauhan, bagaikan rumah mainan yang cocok untuk para kurcaci dengan taman dan danau di sekitarnya.


The Petit Trianon

Harga Tiket Masuk Istana Versailles.

Dengan membayar 25 Euro: tiket lengkap yang meliputi tur Istana, Taman, 2 Trioanon Palace, Marie Antoinette Estate, Musical Fountain show dan Musical Gardens. Note: Tiket bisa dibeli langsung ditempat atau booking tiket online resmi Istana Versailles (the web: www.chateauversailles.fr ). Atau gunakan Paris Sightseeing Pass untuk masuk gratis ke istana Versailles dan 60 tempat wisata lainnya di Paris.

Raja Louis XIV
Bagaimana menuju Istana Versailles.
- SNCF Train, Stasiun terdekat Versailles Chantiers Stations (dari Paris Montparnasse) atau Versailles Rive Droite stations (dari Paris Saint Lazare).
- Kereta bawah tanah Metro RER, ambil line C dari Paris dan berhenti di stasiun Versailles-Rive Gauche
- Bus dengan No.171 - "Versailles place d'Armes" (dari terminal Pont de Sevres)

TIPS:
The Chateau de Versailles buka pada hari Selasa hingga Minggu dari jam 8.30 hingga jam 18.30, pastikan kedatangan anda ke istana ini bukan hari Senin karna anda akan kehilangan momen petualangan di istana yang indah dan megah ini Versailles ditutup! Dan jika datang pada hari Minggu, siap-siap aja terjepit diantara pengunjung karena akan sangat padat sekali.

Interior istana tersebut dipenuhi dekorasi yang megah menawan. Ruang-ruangan di seantero istana memiliki tatanan yang berbeda dengan peruntukan yang beragam. Istana Versailles merupakan bagian dari kejayaan masa lalu, juga merupakan saksi bisu pecahnya Revolusi Perancis dan jatuhnya dinasty Louis saat diperintah Raja Louis XVI dan ratunya yang terkenal yaitu Marie Antoinette. Akhirnya setelah puas mengelilingi istana megah ini, kami pun melanjutkan perjalanan. Jelajah tempat bersejarah itu memang “sesuatu banget”. Apalagi jika kita tau dan paham sejarahnya, saat berkunjung ke suatu tempat, rasanya membayangkan peristiwa sejarah terjadi di tempat tersebut, seru banget!

Nah, sobat blogger, itulah beberapa informasi mengenai sejarah dan keindahan serta kemegahan yang terdapat dalam Istana Versailles, bila sobat blogger sedang berlibur ke Perancis cobalah untuk mengunjungi istana ini, dijamin deh gak akan rugi, jangan lupa untuk bawa kemera untuk mengabadikan kenang-kenangan.


The Chateau de Versaille with the surrounding park and the gardens have been awarded 
World Heritage status. 







The Palace

 




The Grand Trianon
Marie-Antoinette's estate


The Petit Trianon
Dapur...
Petit Train for oneway ticket 3,5 euro.

Gardens and Park of the Château



The Chateau de Versaille with the surrounding park and the gardens
Gardens of Versailles Palace









2 komentar:

  1. Mau membenarkan saja nih di bagian "grand appartement de la reine" yg jd tmpt tnggl 3 istri utama raja. Nah shrusnya MARIE-THERESE d'Espagne bukan d'Autriche. Kalo d'Autriche itu istri Louis XIII, ibunda Louis XIV...

    Begitu

    BalasHapus
  2. Hai mas Rendra Nugraha, terimakasih atas koreksinya... setelah saya searching lagi dari google, iya saya keliru ^_^ sudah saya edit.

    BalasHapus

Musim Semi Rasa Winter di Dolomites

Dari keindahan alam, laut mediterania hingga bangunan-bangunan kuno peninggalan sejarah, Italia memang merupakan salah satu negara te...