LIVE IS AN ADVENTURE

I think by traveling you can better appreciate yourself and the different cultures of the world... Enjoy life all around the world. To share with many people with different way of living. To love. To dance with the birds and sing with the wind....

Travelling brings color to my life. I'm travelling for the joy...
"...there is a difference between knowing the path and walking the path" - Morpheus

I am not good at writing but I want to share the adventure in my journey, but I have a lot of photo trips. Let the pictures are going to tell you about this trip ;)

Not only for the destinations, but it's about the journeys...
when you are traveling the time should be yours.

Some in my blog is using Indonesian, If you do not understand Indonesian you can use "Google Translate" at the top left of this blog. I hope this blog can be useful ...


DILARANG MENGAMBIL atau COPY PHOTO-PHOTO DALAM BLOG INI TANPA IJIN!

Senin, 04 Maret 2013

Mengurus Visa China




Petualangan 'bekpeker' kali ini menyusuri negeri tirai bambu, berawal dari obrolan biasa hingga membahas destinasi impian: Tibet. Benar, yang berada di negeri China! saya ingin sekali ke Tibet... jadi harus urus visa China terlebih dahulu... menurut obrolan teman, kalau ingin mengurus 'permit' ke Tibet kita mesti mempunya Visa China terlebih dahulu tapi tidak perlu dibahas pada waktu pengurusannya... begitu ceritanya, tapi rencana tinggal rencana... ternyata tidak mudah mewujudkannya. Berbagai persiapan sudah dibuat, keberangkatan direncanakan awal bulan Maret melalui Shangri La, akhirnya batal menuju Tibet dikarenakan iklim cuaca yang extrim sehingga ditutup untuk sementara menurut agent tur yang kami sempat hubungi di China.

Dengan tiket promo pesawat MAS dengan tujuan Jakarta-Kunming-Jakarta, yang kami beli dibulan September, akhirnya rute yang kami susun adalah menjelajahi Yunnan: Kunming-Dali-Lijiang-Tiger Leaping Gorge-Deqin-Shangri La-Kunming.... dan sekarang saatnya mengurus visa China.

Mengurus Visa China tidak serumit yang dibayangkan, malahan menurut saya paling mudah loh... saya langsung saja datang ke Chinese Visa Application Service Center (CVASC), yang lokasinya  tidak jauh dari Kedutaan Besar China,  tepatnya  yaitu di East Building lantai 2 yang berada di kawasan Mega Kuningan Jakarta. Aplikasi form-nya bisa di-download di http://www.visaforchina.org  Siapkan aplikasi form yang sudah diisi lengkap, 1 lembar foto berwarna 4x6 dengan latar putih beserta paspor asli yang masih berlaku 6 bulan dari expired date, foto copy KTP.

Untuk pembelian tiket pesawat tidak ada tertulis persyaratannya dalam pengajuan visa China dan petugas juga tidak menyatakan kewajiban untuk membeli tiket pesawat terlebih dahulu, kebetulan kami waktu itu membelinya karna ada promo begitu juga hotel yang kami telah booking melalui hostelworld.com  tidak ditulis dikolom isi aplikasi karena memang tidak ada pertanyaannya di aplikasi tersebut dan juga tidak mewajibkan keterangan rekening bank pribadi.

Petugas bertanya buat proses pengurusannya, “mau pengurusan apa”… mungkin maksudnya mau proses yang berapa hari. Dan saya jawab “regular saja”. Kebetulan harganya sudah terpampang di depan loket. Setelah semua di check maka saya mendapatkan tanda bukti untuk pengambian paspor, pembayaran dilakukan ketika visa sudah selesai, itu artinya saya baru akan membayar pada kunjungan berikutnya, sekaligus mengambil paspor dengan visa yang sudah di approve. Biaya pengurusan visa China untuk single entrance sebesar Rp 540.000 dengan waktu proses memakan waktu 4 hari kerja.

Waktu proses bukan lagi kendala dalam pengurusan visa China, karena pihak kedutaan sendiri telah memberikan kemudahan dalam proses pengurusannya. Mulai dari REGULAR yang butuh waktu sampai 4 hari, hingga SUPERKILAT yang dapat di ambil pada hari itu juga dan tentunya dengan tarif 'khusus' juga loh...  

Tiba di ruang aplikasi saya menunggu nomor antrian dipanggil. Tidak banyak orang yang melakukan aplikasi visa turis/bisnis ke China, duduk dibangku yang telah disediakan. Keadaan begitu santai dalam ruangan yang di desain nyaman, banyak loket yang di sediakan untuk melakukan proses aplikasi Visa China. Akhirnya tiba giliran dipanggil, saya pun mengarah ke loket. Setelah selesai menukar tanda terima dan melakukan pembayaran, diberi tanda telah membayar / Lunas dari loket itu dan diarahkan untuk bergeser ke loket sebelah untuk mengambil paspor yang telah selesai di proses. Saya pun bergeser ke tempat yang dituju untuk mengambil paspor yang telah jadi untuk dapat melihat hasilnya. Tanda Lunaspun diberikan pada petugas loket, menyusul penyerahan paspor oleh petugas loket. Aku buka lembar demi lembar… terlihat Stiker Visa menandakan bahwa aplikasi visa China disetujui. GRANTED… yay…!


Chinese Visa Application Service Center (CVASC):

"The East Building" Lt.2, 
Jl. Lingkar Mega Kuningan Blok E,3.2 Kav.1, Jakarta
Tlp. 021-579-38655, 
Fax. 021-579-38659, 
Email. jakartacentre@visaforchina.org

Persyaratan Visa yang aku penuhi antara lain :
  • Pengisian formulir Visa (download), Wajib
  • Pas photo 4x6 Backgorund Putih, Wajib
  • PASPOR - ASLI dengan masa berlaku 6 bulan sebelum habis masa aktif, Wajib
  • KTP,  copy,  Wajib
  • SURAT SPONSOR dari Perusahaan (bila bekerja),  ASLI.  optional.
  • UDANGAN DARI PERUSAHAAN (Jika akan melakukan kegiatan bisnis). Bisa berupa email/fax, optional

Jam kerja
Senin – Jumat (Sabtu / Minggu tutup)
Penyerahan permohonan 09.00 – 15.00
Pembayaran dan pengembalian 09.00 – 16.00








1 komentar:

  1. Mbak, saya ingin bertanya, saya ada rencana untuk membuat visa China F China dalam waktu dekat ini ..
    Namun foto KTP dan foto passport saya ketika saya masih belum berkerudung, apakah akan terjadi masalah dengan hal tersebut ? terima kasih atas jawabannya :)

    BalasHapus

Musim Semi Rasa Winter di Dolomites

Dari keindahan alam, laut mediterania hingga bangunan-bangunan kuno peninggalan sejarah, Italia memang merupakan salah satu negara te...