LIVE IS AN ADVENTURE

I think by traveling you can better appreciate yourself and the different cultures of the world... Enjoy life all around the world. To share with many people with different way of living. To love. To dance with the birds and sing with the wind....

Travelling brings color to my life. I'm travelling for the joy...
"...there is a difference between knowing the path and walking the path" - Morpheus

I am not good at writing but I want to share the adventure in my journey, but I have a lot of photo trips. Let the pictures are going to tell you about this trip ;)

Not only for the destinations, but it's about the journeys...
when you are traveling the time should be yours.

Some in my blog is using Indonesian, If you do not understand Indonesian you can use "Google Translate" at the top left of this blog. I hope this blog can be useful ...


DILARANG MENGAMBIL atau COPY PHOTO-PHOTO DALAM BLOG INI TANPA IJIN!

Selasa, 11 Juni 2013

Pesona Pantai Trikora di Pulau Bintan




Kalau berkunjung ke Pulau Bintan, belum lengkap bila tidak menengok Pantai Trikora. Letak pantai ini di Pulau Bintan arah timur Kota Tanjungpinang, tepatnya terletak di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang. Jalan menuju ke lokasi pantai mulus beraspal. Panjang kawasan pantai diperkirakan 25 kilometer. Lokasinya yang agak jauh dari pusat kota, sekitar 1 jam perjalanan dari Tanjungpinang menuju Pantai Trikora.

Dermaga Malang Rapat - Bintan.

Jalanan mulus disepanjang pulau Bintan.
Mobil yang kami sewa untuk berkeliling pulau Bintan.

Untuk menuju pantai ini sangat mudah, ikuti saja petunjuk jalan yang sudah disediakan Pemda setempat ...yaa kalo masih bingung, jangan ragu bertanya dijamin ada yang membantu ;-)


Cabana Resort Hotel Room, Bintan.
Cabana Resort Hotel - Bintan.

Satu malam, kami menginap di Bintan Cabana Beach Resort Hotel dengan Rp 450.000/malam untuk 2 orang. Setelah selesai urus cek-in hotel kami lanjut menyusuri pantai. Beruntung kemarin kami menemukan ruas Pantai Trikora yang belum dijadikan resort, masih alami. Lokasinya, kalau dari arah Kawal, terletak persis sebelum desa Bukit Kursi.


Pantai Trikora di Cabana Resort
saat senja di Pantai Trikora Bintan
Cabana Resort Hotel - Bintan
Sunset di Pantai Trikora Bintan


Kawasan Pantai Trikora ini ada empat bagian, masyarakat mengenalnya Pantai Trikora satu, dua, tiga dan empat. Pantai Trikora tiga adalah pantai yang paling banyak dikunjungi masyarakat dan wisatawan.

Pantai ini tergolong masih perawan dan juga merupakan objek wisata alam yang masih murah dan meriah. Hamparan pasir putih, bebatuan besar, serta pepohonan nyiur yang berbaris di sepanjang bibir pantai, menyajikan panorama yang indah. Di sepanjang pesisir pantai, tampak pulau-pulau kecil di kejauhan. Beberapa nelayan terlihat beraktivitas di atas sampan di tengah laut.




Pantai Trikora Bintan

Menikmati pantai, tersedia sejumlah pondokan-pondokan kecil seperti gazebo dibibir pantai sebagai tempat bersantai dan melepas penat. Ketika kami tiba di sana selepas tengah hari, tampak sepi tidak ada pengunjung atau yang menunggu kawasan area pantai.dan kami pun terlena hembusan angin sambil asyik menikmati panorama pantai yang cerah sekali saat itu.


Pantai Trikora Bintan



Menyusuri Pantai Trikora dengan hiasan ornament batu granit terlihat unik dan megah dengan ukuran raksasanya mirip dengan yang ditemukan di Pulau Belitung dan hamparan pasir putih yang menghiasi di sepanjang pantai. Tidak sedikit pelancong asal mancanegara yang pernah berkunjung ke sana menyebutnya pasir putih Pantai Trikora merupakan salah satu yang terbaik di Asia Tenggara.


Pantai Trikora - Bintan.


Pantai Trikora adalah nama pantai yang membentang di sepanjang pesisir timur Pulau Bintan. Belasan kilometer panjangnya, mungkin lebih. Kami sempat menjelajah mulai dari kawasan Kawal di selatan, Teluk Bakau, Bukit Kursi, Malang Rapat, Tanjung Berakit di utara hingga tidak ada jalan lagi alias jalan buntu. :-))

Sayang, menuju pantai ini tidak tersedia fasilitas yang memadai, transportasi umum nyaris tak terlihat di sepanjang jalan atau memang tidak ada yaa..? untuk lebih mudahnya menggunakan taxi atau menyewa mobil atau motor, kami menyewa mobil dari Tanjung Pinang Rp 200.000/hari tanpa supir. Satu lagi, di pantai ini sulit mencari toilet umum.... ya kalau mau ke toilet kita bisa menumpang di rumah penduduk sekitarnya. Tata kelola yang masih 'apa adanya'. Tidak bisa dibandingkan dengan nuansa Pantai Lagoi (Bintan Resort) yang super mewah itu. ;-)   

Sunrise yang cetar membahana di pantai Trikora Bintan
Ely's Kelong - Bintan.
Ely's Kelong disaat pagi hari.

Ely's Kelong - Bintan.
bangun tidur langsung aja duduk ditepi pantai ^_^

Malam berikutnya kami menginap di Ely's Kelongs yaitu rumah nelayan yang berbentuk panggung menjorok ke tengah laut yang dibuat untuk memancing, kita bisa melihat langsung bagaimana nelayan mendapatkan hasil tangkapannya dan juga disewakan alat pancing kalo kita ingin mencoba memancing loh....eksotis banget! Hanya Rp 350.000/kamar untuk kami ber-5 dengan sarapan bihun goreng + teh manis. Ternyata yang menginap banyak wisatawan dari Singapore dan Malaysia dan sudah jadi langganan. Menginap di Ely's Kelong merupakan pengalaman yang tak terlupakan, seru... pagi hari kita bisa menikmati sunrise indah langsung dari tengah laut.

Kehidupan Malam di sudut pulau ini hampir tidak ada, meskipun ada beberapa resort/hotel besar yang menyediakan bar/kafe terlihat sepi, orang-orang hanya bersantai di tepi pantai. Untuk berbelanja, tempat terdekat untuk membeli lebih banyak di toko-toko kecil di desa nelayan Kawal.

Perjalanan menyusur pantai menyenangkan dan memanjakan mata, dengan melihat kehidupan desa nelayan di satu sisi dan barisan pantai yang membujur. Pasir putih, langit biru, angin sepoy-sepoy dan barisan pohon kelapa.Cakep sangat!

Pemandangan indah saat Sunset di pantai Trikora, Bintan.

Sunset Pantai Trikora dari Cabana Resort Bintan

Sunset Pantai Trikora dari Cabana Resort Bintan



Cerita lain dari Pulau Bintan:
    1.  Bintan - Pulau Bintan Adventure
    2.  Bintan - Pulau Penyengat
    3.  Bintan - Lagoi Bintan Resort


Selama perjalanan, pemandangan yang ada sangat memanjakan mata - See more at: http://jelajahbumipapua.com/mobile/home.php?link=content-detail-tulis&kode=284&jdl=Pantai.Trikora..pojok.sunyi.di.Kepulauan.Riau#sthash.UiYVabMG.dpuf
my Shadow





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musim Semi Rasa Winter di Dolomites

Dari keindahan alam, laut mediterania hingga bangunan-bangunan kuno peninggalan sejarah, Italia memang merupakan salah satu negara te...