LIVE IS AN ADVENTURE

I think by traveling you can better appreciate yourself and the different cultures of the world... Enjoy life all around the world. To share with many people with different way of living. To love. To dance with the birds and sing with the wind....

Travelling brings color to my life. I'm travelling for the joy...
"...there is a difference between knowing the path and walking the path" - Morpheus

I am not good at writing but I want to share the adventure in my journey, but I have a lot of photo trips. Let the pictures are going to tell you about this trip ;)

Not only for the destinations, but it's about the journeys...
when you are traveling the time should be yours.

Some in my blog is using Indonesian, If you do not understand Indonesian you can use "Google Translate" at the top left of this blog. I hope this blog can be useful ...


DILARANG MENGAMBIL atau COPY PHOTO-PHOTO DALAM BLOG INI TANPA IJIN!

Sabtu, 30 November 2013

Raja Ampat Adventure


Pyainemo di saat pagi


Terletak di timur Indonesia, untuk mencapai Raja Ampat yang berada di Papua bagian Indonesia bagian timur ditempuh dengan semalaman berada di atas pesawat terbang tentu terasa mendebarkan. Bayangan-bayangan tentang tempat yang jauh dan eksotis pasti sudah memenuhi pikiran. Gugusan kepulauan Raja Ampat yang keindahannya ramai dibicarakan oleh traveler dunia, kini akan berada di depan mata. Pasti bangga dan senang rasanya berada langsung di tempat yang diimpikan oleh semua orang ini.


Senangnya kami sudah tiba di Bandara Domine Eduard Osok Sorong dengan selamat.

Dengan Kapal Express Bahari 88B mengantar kami ke Waisai, Raja Ampat.



HARI PERTAMA

Perjalanan ini pertengahan bulan November 2013, dengan pesawat Sriwijaya air kami menuju Sorong Papua, saat tengah malam dan tiba jam 7 pagi di Sorong. Tak lama kami dijemput menuju pelabuhan feri tidak jauh dari bandar udara Domine Eduard Osok Sorong sekitar 15 menit ke pelabuhan untuk naik Kapal Feri menuju Waisai di Kepulauan Waigeo Selatan. Setelah menempuh perjalanan laut selama dua jam kami sampai di pelabuhan Waisai dan disana kami sudah ditunggu dari pihak homestay, tak lama kami langsung melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kapal motor kurang lebih 45 menit menuju pulau Mansuar kecil untuk bermalam di homestay. Saat perjalanan yang panjang itu pun saya tidak bisa tidur, perasaan campur aduk pokoknya. Menanti petualangan yang akan segera dimulai!😎


akhirnya kami tiba di Pulau Mansuar dengan disambut gerimis






Tahukah Anda kalau Raja Ampat itu secara harfiah berarti ‘Empat Raja’? Daerah yang termasuk ke dalam provinsi Papua Barat ini memiliki empat pulau besar yaitu Waigeo, Batanta, Salawati dan Misool. Selain itu masih ada ratusan pulau kecil yang tersebar.  

Setibanya di homestay kami berduabelas orang disambut hangat oleh pihak homestay yang pastinya orang lokal setempat yang ramah ibu Grace. Homestay ini sederhana tapi terlihat nuansa kedamaian dan indah dihiasi pantai dengan pasir putih dengan ombak yang nyaris terlihat tenang dengan laut jernih yang berwarna gradasi kebiruan menambah keindahan dan menyejukkan mata...hmm...


Mansuar Island, Raja Ampat

Pulau Mansuar & Pulau Koh, Raja Ampat



Setelah makan siang, langsung snorkeling di kampung Arborek

Setelah menikmati underwater Kampung Arborek, gak lupa dong poto keluarga dulu 😆

saat sore menanti sunset di homestay, Raja Ampat






sunset yang indah di Pulau Mansuar, Raja Ampat

Suasana makan malam bersama




HARI KE DUA

Setelah sarapan pagi di homestay, hari ini pertama mengejar sunrise kemudian diisi dengan island hopping sepanjang hari, berkeliling Pulau Mansuar dan juga desa wisata Arborek. Lalu kami snorkeling di Yenbuba sambil menunggu waktu makan siang. Setelah makan siang, mampir ke pulau pasir gosongan di depan Koh Island. Sore hari kami kembali ke homestay untuk makan malam dan istirahat. Malam itu tidur sangat cepat, karna sudah semalaman begadang di airport belum lagi seharian langsung main air mengejar ikan-ikan cantik... tidak perlu waktu lama ketemu bantal langsung aja .... zZzzz....di dalam kelambu.


Pagi-pagi kami sudah siap pergi untuk menikmati sunrise

hunting sunrise di dekat Pulau Mansuar



Setelah menikmati sunrise, kami kembali ke homestay untuk sarapan😋


Giant Mirror from Raja Ampat😍




Maaak!! 😂 kalo berenang di air bukan di papan, itu nyangkut namanya 



Tidak perlu jauh-jauh berenang ke tengah laut, dibawah jetty Yenbuba saja sudah terlihat cantik, dihiasi berbagai terumbu karang yang tumbuh subur dan ikan-ikan hias yang sedang asyik bermain.... wah, benar saja yang dibicarakan orang banyak bahwa Raja Ampat merupakan surga kecil yang berada di bumi. Ingat yaa... tapi kalau anda berminat snorkeling, hati-hati dengan fin anda jangan sampai merusak terumbu karangnya yaa!


Coral-coral cantik dibawah dermaga Yenbuba, Raja Ampat


Anak lokal walaupun masih balita lebih dikit, sudah bisa ngedayung!

 
Jetty di kampung Yenbuba, Raja Ampat 



Raja Ampat merupakan bagian dari segitiga karang dunia, keindahan alam bawah Raja Ampat sungguh tak terdeskripsikan dengan kata-kata! Island hopping yang dilanjutkan dengan snorkeling di setiap titik spot cantik masing-masing pulau pasti akan sangat menyenangkan. Sampai-sampai kami lupa waktu ketika menyelami keindahan surga bawah laut Raja Ampat ini, betapa banyaknya coral di area perairan, sedemikian dekat dengan garis pantai maka disaat air surut sebagian koral ini keluar dari permukaan hingga tertutup laut pasang.


Poto bareng dengan uncle Santa yang juga menginap di homestay😊


Kaki rasanya tidak terasa lelah mengunjungi setiap sudut Raja Ampat dan mulut rasanya tidak berhenti berdecak kagum melihat pemandangan indah yang disajikan alam. Pasir pantai yang putih dan birunya air laut serta cuaca yang cerah pun serasa menyambut kami. Petualangan dilanjutkan dengan island hopping menuju kepulauan Pyainemo dan camping... wuiih!. Kami akan berlayar ke tengah laut sambil melihat keindahan pulau-pulau yang membentuk gugusan yang unik.


Pyainemo Island, Raja Ampat


Hamparan lautan biru dan lembutnya pasir putih dengan latar belakang rimbunnya hutan tropis menemani waktu bersantai di pulau Pyainemo.... saat setelah lelah beraktifitas di pantai.



our base camp at Pyainemo, Raja Ampat


mendaki bukit di Pyainemo, Raja Ampat


Perlu perjuangan untuk menikmati dan mengabadikan keindahan Pyainemo dari atas bukit karang, kita harus mendaki bukit sekitar 15 menit saja dan akan terbayar kelelahan tadi... keren! Jangan lupa menggunakan alas kaki yang nyaman dan sarung tangan karena batu karangnya tajam saat mendaki bisa luka.



menikmati indahnya Pyainemo dari atas bukit karang


Pyainemo dilihat dari atas bukit karang, Raja Ampat




Lelah mengejar sunrise sambil menunggu sarapan pagi kami menikmati kelapa muda... hmm rasa airnya yang lebih manis dari kelapa muda di jawa dan daging kelapanya renyah, mungkin karena tumbuh di batu karang kali yaaa.... 😋



mencicipi kelapa muda di Pyainemo...hmm..manis & garing

Para pengungsi dari Jakarta 😜



Lanjut perjalanan kami dengan hopping island ke teluk Kabui, menjelajahi pulau-pulau yang unik bentuknya, berserakan tak beraturan seperti dimuntahkan dari langit. Tidak lama kami di teluk Kabui karna akan dilanjuti dengan fun diving.... sebelum makan siang kami balik menuju homestay di pulau Mansuar.


Memasuki gerbang Teluk Kabui, Raja Ampat

Batu Pensil dari Teluk Kabuy

Saat Keluarga Cemara di Teluk Kabui, Raja Ampat😄

Saking happy-nya, tuh kaki dipoto jugayak!😁


Tiba di homestay pulau Mansuar kami langsung disambut dengan makan siang dengan menu ikan, setelah itu istirahat sebentar karena kami akan melanjutkan petualangan di dalam air dengan fun diving... wuaah... senangnya😊Dengan kondisi laut yang tenang, air jernih dan suasana alam yang alami menjadikan Raja Ampat bagai surga. Menurut hasil penelitian, menunjukkan bahwa hampir 75 persen jenis terumbu karang dunia terdapat di Raja Ampat. Ada 1.000 lebih jenis ikan, terumbu karang, penyu, dugong, manta ray, paus dan moluska yang hidup berkembang secara lestari. Sebagai bagian dari segitiga karang dunia, keindahan alam bawah Raja Ampat sungguh tak terdeskripsikan dengan kata-kata! Kalau berkesempatan berkunjung, anda harus terjun langsung sendiri ke dalam air untuk menyaksikan sendiri spesies ikan dan karang tercantik di dunia, Amazing!



Experience of a life time...

semua OK setelah fun diving, Raja Ampat



Besok pagi nya setelah sarapan kami melakukan snorkeling lagi...lagiii..dan lagiii... tidak bosan-bosannya kami main air... mengejar ikan yang sedang bermain sangat mengasyikan.😍


Kapal yang selalu menemani dan mengantar kami berpetualang, panas gak? Banget!😆

snorkling di Max Point, Raja Ampat


taman laut Raja Ampat

...mengagumkan melihat segrombolan ikan, Raja Ampat


Pada hari terakhir di pulau Mansuar, saya bangun pagi untuk menikmati suasana keindahan pantai sebelum meninggalkan pulau ini.




Ternyata Kapal Fery kami delay hingga jam 2 siang, kami pun di beri kesempatan terakhir untuk snorkeling... wuaah, senang sekali rasanya... selepas sarapan pagi itu kami kembali berganti pakaian renang. Dan teman yang lain yang tidak mau snorkling... mereka menunggu kami di rumah kosong yang berada di pantai dekat pulau. 😍Wuah, ini adalah suasana 'delay' yang menyenangkan, menikmati kembali terumbu karang Raja Ampat.

                                                                                   


Taman coralnya terlihat subur dan indah.






Keberagaman terumbu karangnya yang sangat mengagumkan juga dipengaruhi oleh letaknya yang berada di Coral TriangleRaja Ampat menjadi mimpi bagi setiap pelancong dan wisatawan yang mesti mereka wujudkan dalam hidup mereka. Dengan mempunyai reputasi internasional sebagai surganya para divers dan selalu ngangenin. Satu kali sumur hidup. Saya pun dibuat jatuh cinta dengan keindahan alam dan budaya masyarakat di Raja Ampat.


bye...  Pulau Mansuar, Raja Ampat

Pelabuhan Waisai, Raja Ampat


Saat transit kami sempat bermalam di hotel bersebrangan dengan bandara Sorong dan malam hari kami sempat menikmati makan malam ala Tembok Berlin dengan menu andalan ikan bakar. Ternyata bukan hanya Jerman saja yang punya Tembok Berlin loh... Tembok Berlin atau Tembok Dofior ini merupakan landmark Sorong yang terletak di pinggir pantai dan menghadap ke barat. Ini adalah spot terbaik untuk duduk-duduk santai menikmati Pantai Lido dan menjelang malam tempat ini akan semakin ramai dengan muda-mudi yang datang bercengkrama dan warung tenda yang bermunculan. Mesti coba kalau sempat berkunjung ke Sorong loh. 😉


                                                            
sambil menanti lengkapnya menu makan malam.. 😁
12 orang dalam satu angkot kecil! Hanya di Sorong 😆


Raja Ampat dapat Anda capai dengan menggunakan penerbangan domestik dari Jakarta atau Bali ke Sorong dengan transit di Makassar atau Manado. Pilihannya menggunakan Garuda Indonesia, Sriwijaya Air atau Lion Air. Saat ini Batik Air telah melayani penerbangan langsung dari Jakarta ke Sorong. Penerbangan ke Papua biasanya adalah penerbangan malam. Anda akan sampai di sana esok paginya.




Petualangan kami yang lain di Raja Ampat: 



What to know
  • Bantulah melestarikan keanekaragaman surga bawah laut ini dengan tidak menginjak atau menyentuh biota laut di dalamnya dan patuhi rambu-rambu dan norma yang ada.
  • Persiapkan stamina yang baik dan minum obat anti malaria/pil kina karena Raja Ampat merupakan salah satu zona epidemi malaria.
  • Bawa obat pribadi termasuk obat anti mabuk laut (karena transportasi di Raja Ampat banyak menggunakan boat)
  • Jangan membuang sampah sembarangan.
  • Raja Ampat mengenakan biaya konservasi sebesar Rp. 250.000 untuk turis lokal dan Rp. 500.000 untuk turis asing yang berlaku setahun.
  • Bawa sunblock dengan SPF tinggi, kacamata hitam dan topi.
  • Bawalah pakaian berbahan katun dan untuk berenang.
  • Siapkan extra memori kamera dan jangan lupa bawa underwater camera kalau tidak mau mati gaya!
  • Bawalah wadah air minum sendiri buat diperjalan boat.
  • Tips: Pilihlah penerbangan yang tiba di Sorong pada hari Kamis atau Jumat dan begitu juga dengan jadwal kepulangan Anda. 



Raja Ampat Map

How to get Sorong, Raja Ampat





1 komentar:

  1. Hello Renny,
    Saya ingin menghubungi Anda melalui email, silakan, apakah mungkin? Itu karena kami merencanakan perjalanan kami ke Indonesia untuk liburan berikutnya dan kami memiliki beberapa pertanyaan tentang perjalanan Anda di Raj Ampat.
    Makasih banyak.

    Txell & Xavi
    www.estemdevacances.blogspot.com

    Hello Renny,
    I would like to contact you by email, please, is it possible? It's because we are planning our trip to Indonesia for next holidays and we have some questions regarding your trip in Raj Ampat.
    Thanks a lot.

    Txell & Xavi
    www.estemdevacances.blogspot.com

    BalasHapus

Musim Semi Rasa Winter di Dolomites

Dari keindahan alam, laut mediterania hingga bangunan-bangunan kuno peninggalan sejarah, Italia memang merupakan salah satu negara te...