LIVE IS AN ADVENTURE

I think by traveling you can better appreciate yourself and the different cultures of the world... Enjoy life all around the world. To share with many people with different way of living. To love. To dance with the birds and sing with the wind....

Travelling brings color to my life. I'm travelling for the joy...
"...there is a difference between knowing the path and walking the path" - Morpheus

I am not good at writing but I want to share the adventure in my journey, but I have a lot of photo trips. Let the pictures are going to tell you about this trip ;)

Not only for the destinations, but it's about the journeys...
when you are traveling the time should be yours.

Some in my blog is using Indonesian, If you do not understand Indonesian you can use "Google Translate" at the top left of this blog. I hope this blog can be useful ...


DILARANG MENGAMBIL atau COPY PHOTO-PHOTO DALAM BLOG INI TANPA IJIN!

Senin, 24 Agustus 2015

Stone Garden Padalarang





Ada tempat indah di Kampung Girimulya Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat Padalarang - Bandung Barat, yaitu Stone Garden atau Taman Batu yang bisa menjadi referensi tempat liburan di akhir pekan. Yang merupakan tempat wisata megalitik yang tak kalah indah dan menarik untuk dikunjungi, mengingatkan saya dengan Stone Garden di Kunming - Yunnan. Stone Garden Padalarang bisa dikatakan berada di dataran tinggi karena terletak di atas sebuah bukit, dengan ketinggian puncak 907 meter di atas permukaan laut, perlu kondisi prima untuk bisa mendaki puncak bukit ini.




Yang penting untuk diingat, bagi Anda yang ingin mengunjungi bukit berbatu ini diharapkan mempersiapkan stamina yang prima. Ada 2 rute menuju taman batu, pertama melalui jalur bukit. Karena rute yang dilalui cukup terjal dan menanjak hingga sejauh 1,5 km. Dan rute kedua bisa menggunakan kendaraan langsung menuju taman batu tersebut. Kami mengambil rute mendaki bukit, karena tidak tau kalau ada rute kendaraan tersebut wehehe.... Stone Garden Padalarang berada di atas seluas 2 hektar, ternyata mempunyai pemandangan yang mengagumkan untuk dikunjungi. Dalam melakukan pendakian bukit ini disarankan pada musim kemarau karena di musim hujan, jalur akan menjadi sangat licin karna jalur treknya tanah merah dan berbatu.



Rasa letih pun terbayar dengan keindahan dan panorama indah yang bisa dilihat di atas bukit. Dengan disuguhi batu-batu gamping yang berjajar tak beraturan, pesona alam ini pun tampak sangat luar biasa. Selain itu, kita juga bisa diberi panorama indah alam dengan pemandangan gunung yang ada di sekeliling bukit tersebut. Saat hari mulai senja, matahari pun terlihat temaram di ufuk barat. Meskipun objek wisata ini belum banyak diketahui oleh wisatawan, namun keindahan dan panorama yang disuguhkan di Stone Garden Padalarang menambah catatan tempat wisata dengan panorama indah yang ada di Jawa Barat.




Dari tempat memarkir kendaraan hingga ke puncak Stone Garden Padalarang ini membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit dengan berjalan kaki. Selain itu, fasilitas umum, seperti toilet dan mushola juga belum tersedia di kawasan wisata ini. Anda harus turun dari bukit sekitar 10 menit untuk menuju toilet umum. Ketika pertama kali melewati pintu masuk, jalanan yang ada akan terus menanjak. Bebatuan artistik satu per satu menyambut, padang rumput kering menjadi permukaan kita berjalan. Kemudian jalanan terus menanjak.









Lokasinya bisa dikatakan berada di dataran tinggi karena terletak di atas sebuah bukit. Selain taman batu, ada sebuah gua alam yang disebut dengan Gua Pawon. Sama ‘purba’-nya seperti Taman Batu ini sendiri, Gua Pawon merupakan bukti ke-purbakala-an Bandung yang masih ada dan terawat hingga detik ini. Di dalam Gua Pawon terdapat belulang/fosil manusia yang masih bertahan hingga sekarang (dikutip dari penjaga gerbang, karena kami tidak sempat mengunjungi Gua Pawon pada waktu itu).

Menariknya, taman Batu menyajikan pemandangan yang indah dan bisa trekking. Kita bisa melihat susunan batu yang artistik. Kami tidak lewatkan untuk berfoto, daripada sekedar menonton tegaknya bebatuan yang berformasi di dalamnya.

Setelah tiba di puncak bukit yang menjadi pondasi Taman Batu ini, kita akan disuguhkan dengan hamparan pertanian milik warga sekitar, langit yang terbuka lebar, Gunung Masigit yang sama indahnya dengan Taman Batu, pabrik-pabrik pasir lengkap dengan asap hitamnya, hingga truk-truk pengangkut yang mengelilinginya. Oh ya, jalan raya yang sebelumnya kita lewati juga samar terlihat di kejauhan. Stone Garden Padalang memang menjadi tempat wisata yang terbilang baru di kawasan Bandung. Untuk itu, masih banyak perbaikan-perbaikan yang harus dilakukan oleh pemerintah setempat dan warga sekitar untuk menjadikan tempat wisata ini dikenal dan popular dikalangan wisatawan. Jangan lupa, kesiapan kita untuk menahan teriknya panas matahari jika berada di sana tepat ketika hari menjelang siang dan siang hari menuju sore dengan membawa topi atau payung.

 


Harga Tiket Masuk Taman Batu (Stone Garden), Bandung

Berwisata tidak harus mahal, bukan? Cukup dengan biaya kurang-lebih Rp 15.000,- per orang kita sudah bisa menikmati keindahan Taman Batu ini SEPUASNYA!!! (biaya sudah termasuk tiket masuk utama (Rp 7.500,-), parkir (Rp 5.000,-).

Rekomendasi atau saran utama saya, lebih baik menggunakan angkutan pribadi apalagi bagi kalian yang datang dari luar Bandung.

Bagi pengguna mobil, dari arah Kota Jakarta bisa menggunakan jalur tol Cikampek keluar di tol Padalarang menuju ke arah Cianjur. Patokannya adalah kawasan Tagog Apu ketika keluar dari jalan tol, kemudian pantau gapura bertuliskan Gua Pawon di sebelah kanan jalan. Harap berhati-hati ketika berbelok ke kanan memasuki persimpangan gapura tersebut karena jalannya bersifat sedikit tikungan dan rawan terjadi kecelakaan, terutama bagi kalian yang menggunakan sepeda motor.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musim Semi Rasa Winter di Dolomites

Dari keindahan alam, laut mediterania hingga bangunan-bangunan kuno peninggalan sejarah, Italia memang merupakan salah satu negara te...