LIVE IS AN ADVENTURE

I think by traveling you can better appreciate yourself and the different cultures of the world... Enjoy life all around the world. To share with many people with different way of living. To love. To dance with the birds and sing with the wind....

Travelling brings color to my life. I'm travelling for the joy...
"...there is a difference between knowing the path and walking the path" - Morpheus

I am not good at writing but I want to share the adventure in my journey, but I have a lot of photo trips. Let the pictures are going to tell you about this trip ;)

Not only for the destinations, but it's about the journeys...
when you are traveling the time should be yours.

Some in my blog is using Indonesian, If you do not understand Indonesian you can use "Google Translate" at the top left of this blog. I hope this blog can be useful ...


DILARANG MENGAMBIL atau COPY PHOTO-PHOTO DALAM BLOG INI TANPA IJIN!

Jumat, 28 Agustus 2009

Ocean Park Hongkong, Thrilling and Fascinating.




Ocean Park terletak di ujung selatan Pulau Hong Kong. Semakin besar dari dua bagian berada di Tanjung Nam Gunung Shan Lang. Bagian yang lebih kecil berada di Wong Chuk Hang dataran rendah Valley. Dengan luas 170 hektar, itu salah satu taman laut terbesar di dunia.

Minggu jam 10 pagi kami sudah tiba di Ocean park dengan tiket HK$ 280 (Adult) dan HK$140 (Children from 3-11 years old). Dengan naik bus no. 629 di stasiun MTR Admiralty atau Bus No.7 Central Pier ke Ocean Park langsung. Kemudian berjalan beberapa menit menuju Ocean Park.






Secara umum Ocean Park dibagi menjadi dua area besar. Yang pertama adalah area Main Entrance yang kami temui saat masuk pertama kali. Di sini terdapat danau buatan (tempat musical show malam), dan yang kedua adalah area dibalik gunung. Untuk berpindah antar area ini harus menggunakan cable car, atau bisa juga menggunakan kereta Ocean Express yang menembus gunung (dibuat menjadi sebuah wahana seolah-olah sedang naik submarine).




Perjalanan kami dimulai dari Main Entrance, melalui Lapangan Samudera Aqua City yang bertema laut. Ocean Park dibuka untuk para wisatawan pada awal tahun 2009. Ada aquarium besar yang memiliki berbagai hewan air,  lebih dari 5.000 ikan berharga dan dari 400 spesies.





Ada pertunjukkan karnaval dan badut akrobat menyambut kami saat itu, lucu dan menyenangkan. Layaknya pertunjukkan karnaval Skyfair Barisan penari-penari dengan kostum yang menarik menyambut kedatangan pengunjung saat itu. Kami juga sempat menikmati balon helium besar dan indah yang 22 meter dengan diameter dan lepas landas hingga 100 meter ke udara. Wow... kita bisa melihat suasana keramaian dan keindahan taman dari atas balon. Seru banget...




Jangan lupa mengunjungi Jockey Giant Panda Habitat, ini rumah panda ada dua ekor panda laki-laki bernama Anan, dan Jiajia yang betina. Kita bisa menikmati sambil menonton aktifitas mereka saat makan, berjalan kesana kemari dan saat mereka tidur. Petualangan pertama kali melihat Panda secara langsung di depan mata. ;)






Kemudian berlanjut petualangan yang tidak terlupakan yaitu dengan cable car atau Ocean Express train untuk menuju sisi di balik gunung, tempat di mana atraksi yang memicu adrenalin berada. Cable car selayaknya kereta gantung lainnya. Kami diajak menuju ke atas dengan pemandangan yang luar biasa menakjubkannya. Selama beberapa menit ke depan, anda tidak akan bosan ketika naik ke The Summit lewat cable car ini. Kami melihat pemandangan spektakuler indahnya dari Pulau Hong Kong dan Selatan Laut Cina. Dari sini juga kita dapat melihat hamparan pemandangan laut yang luar biasa terdiri dari Laut Jelly Spektakuler, Aquarium Sturgeon Cina, dan Theater Ocean Park Tower





Pilihan lain adalah Ocean Express Waterfront. Anda bisa naik dari stasiun pcean express ini dan hanya beberapa menit lebih cepat tentunya dari cable car untuk sampai ke atas The Summit. Yang unik adalah, kereta seperti kereta bawah tanah ini dibuat menyerupai kapal selam. Nantinya, anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan buatan, animasi semacam itu saat berkendara menuju The Summit. Kereta ini katanya bisa mengangkut 5000 orang setiap jamnya, Wow! Nuansanya berbeda tentu saja dari cable car.





Selanjutnya, ke lokasi Aqua City di mana anda akan menikmati aneka atraksi dan juga wahana yang tak kalah seru dari Amazing Asian Animals. Ada Waterfront Plaza di mana anda bisa menikmati aneka pertujukan akrobatik yang penuh warna dan menyenangkan. Anak-anak tentunya akan menyukai keramaian dan kehebohan seperti ini. Tapi jika kurang tertarik, coba tengok salah satu wahana yang termasuk paling banyak dikunjungi, yaitu Grand Aquarium.

Grand Aquarium mirip seperti Sea World-nya Ancol, tapi ini tidak melengkung. Aquarium Sturgeon Cina yang mengisahkan cerita menarik dari Sungai Yangtze, akuarium raksasa yang menampilkan kehidupan air yang cantik dan mengagumkan. Kami bisa belajar bagaimana keanekaragaman hayati dari Sungai Yangtze. Ada Sturgeon Cina adalah spesies ikan langka Cina, yang dianggap sebagai fosil hidup. Disini juga dapat melihat spesies endemik Sungai Yangtze, seperti ikan pengisap Cina dan Largemouth Perunggu Gudgeon

Jika belum puas, ada juga Old Hong Kong yang menyajikan potret Hong Kong zaman dahulu. Nah, di sini bisa foto-foto atau sekedar jalan-jalan. Yang lainnya, ada wahana di Aqua City yang disebut dengan Sea Life Carousel. Wahana ini mirip dengan kemedi putar dengan kuda-kudaan yang berbentuk aneka hewan laut yang lucu. Untuk anak-anak tentunya sangat menarik.

Samudera Teater adalah tempat paling terkenal dan populer di Ocean Park. Ini adalah teater terbuka di mana kita bisa menikmati pertunjukkan lumba-lumba dan singa laut di kolam besar. Di bawah bimbingan pelatih, lumba-lumba dan singa laut menggemaskan berdiri di garis atau melompat ke dalam air dan mengangkat tangan kepala keluar dari air. Senang sekali melihat kepandaian mereka.


 


Dari tempat duduk Samudera Teater, selain pesona laut yang mengelilingi kita bisa melihat Ocean Park Tower yang berada di bagian tanjung dengan ketinggian 72 meter (sekitar 236 kaki). Menikmati Ocean Park Tower dengan perlahan kabin bergulir seseorang untuk menangkap pemandangan taman keseluruhan ketika berputar dari bawah ke atas.

Harus mencoba Roller Coaster Ocean Park, yang katanya terpanjang di Hong Kong. Menyapu dengan kecepatan maksimum 77 kilometer (hampir 48 mil) per jam. Tanpa terasa saya menjerit kencang mencapai crescendo....hehehe... bergetar secara cepat dan terbalik tiba-tiba dengan kencangnya. Sensasi yang mendebarkan dan menyenangkan, terasa dan  bahkan sampai perjalanan selesai. Masih banyak permainan yang lain yang perlu dicoba, tapi sepertinya satu hari berpetualang di Ocean Park tidak cukup waktunya.


Yang tak boleh dilewatkan di Aqua City Arena ini adalah Symbionya. Symbio merupakan sebuah atraksi yang memadukan animasi, kembang api, air mancur, api, dan lain sebagainya. Perpaduan yang sangat indah ini akan menutup rangkaian perjalanan anda selama di Ocean Park dengan kesan yang mengagumkan. Kalau di Disneyland ada Pesta Kembang Api, nah Symbio ini menjadi puncak acara Ocean Park setiap harinya.



pemandangan dari atas cable car


Berlangsung pada malam hari sekitar pukul 8 malam. Kami diajak menikmati teknologi terkini yang menakjubkan. Symbio ini memiliki alur cerita. Cerita tentang seekor naga api yang bertarung dengan air. Tapi kemudian, bumi pun mengajarkan mereka untuk saling bekerja sama. Pertunjukkan ini akan diiringi narasi singkat yang juga disajikan dalam Bahasa Inggris di samping bahasa lokal. Tapi selebihnya akan diiringi dengan irama musik yang mengantarkan cerita. Ada animasi di mana naga api itu berkeliaran, ditambah air mancur dan kembang api yang menyala membuat malam di Ocean Park akan ramai dan penuh warna.

Satu yang teringat, petualangan di Ocean Park Hongkong merupakan pengalaman tersendiri, dengan budaya yang khas, unik dan mempesona tersimpan selamanya dalam kenangan.



Transportasi ke Ocean Park

Untuk menuju Ocean Park, terdapat rute bus khusus Ocean Park dengan nomor 629 (HK\$ 10.60), naiknya dari Admiralty Bus Terminal, cukup keluar dari stasiun MTR Admiralty exit B. Busnya beroperasi dari jam 9 sampai sore dengan interval sekitar 10-15 menit. Perjalanan dengan bus ini 20 menit, dan langsung tiba di stasiun bus depan Ocean Park.

Bus yang sama juga bisa dinaiki dari Central Ferry Pier (dermaga Anda mendarat datang dari Tsim Sha Tsui menggunakan Star Ferry), hanya jam keberangkatan bus dari sini lebih terbatas.

Anda bisa juga menggunakan bus regular nomor 72, 72A, 592 dari Causeway Bay, haltenya tepat di seberang SOGO Department Stores. Naik dari sini lebih murah yaitu hanya sekitar $4.70. Jika naik bus ini, Anda harus turun begitu bus melewati terowongan bawah laut, dari halte ini masih perlu jalan sekitar 10 menit untuk menuju pintu masuk Ocean Park.

Tiket Ocean Park

Tiket masuk Ocean Park bisa dibeli secara online, disarankan terlebih saat peak season atau hari Minggu. Namun go-show juga bisa dengan antrian loket yang lumayan panjang. Harga tiket adalah $280 per orang, ini sudah pass masuk ke semua atraksi di dalam. Anak di bawah 3 tahun bisa masuk gratis.

Tips

Nah setelah tahu bagaimana menuju Ocean Park Hong Kong dan ada apa saja di dalamnya, coba beberapa tips berikut ini yang tentu saja bisa membantu anda.
  1. Pesan tiket online jika peak season. Ini untuk menghindari antrean yang panjang sekali. Selain online, bisa juga dibeli lewat Sevel/supermarket di sekitar hotel di Hong Kong.
  2. Untuk memudahkan anda saat bermain di Ocean Park Hong Kong ini, ambil terlebih dahulu peta yang ada di pintu gerbang. Peta ini akan memberikan anda petunjuk semua lokasi wahana yang ada di Ocean Park ini. Selain peta, ada juga jadwal atraksi sehingga anda bisa mengatur rangkaian acara bermain anda di sini. Cukup membantu bukan?
  3. Naik wahana yang populer dulu. Ya tentu saja, saking banyaknya wahana anda mungkin akan bingung. Sebaiknya setiba di waterfront sempatkan masuk melihat salah satu hewan lucu, si panda dan juga beberapa pertunjukkan. Jangan terlalu lama menghabiskan waktu di Waterfront, sebaiknay segera ke The Summit agar lebih fresh dan berenergi saat menikmati aneka wahana menantang di sana. Jangan lupa, hingga malam hari untuk menyaksikan Symbio.
  4. Bagi anda yang mencari makanan halal, bisa menemukan ayam goreng di The Summit. Untuk itu, agar tetap fit, sarapan terlebih dahulu dan jika memungkinkan, bawa bekal. Tapi untuk wahana-wahana ektrem yang akan membuat anda mual, sebaiknya jangan naik sesaat setelah anda selesai makan. Rasanya akan semakin mual pastinya.
  5.  Pilih wahana transportasi yang berbeda menuju dan/dari The Summit. Ada dua pilihan, bukan, untuk menuju The Summit dari Waterfront? Nah, pilih saja 2 transportasi itu bergantian agar anda bisa merasakan semuanya. Cable car saat pergi dan Ocean Express saat pulang atau sebaliknya.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musim Semi Rasa Winter di Dolomites

Dari keindahan alam, laut mediterania hingga bangunan-bangunan kuno peninggalan sejarah, Italia memang merupakan salah satu negara te...