LIVE IS AN ADVENTURE

I think by traveling you can better appreciate yourself and the different cultures of the world... Enjoy life all around the world. To share with many people with different way of living. To love. To dance with the birds and sing with the wind....

Travelling brings color to my life. I'm travelling for the joy...
"...there is a difference between knowing the path and walking the path" - Morpheus

I am not good at writing but I want to share the adventure in my journey, but I have a lot of photo trips. Let the pictures are going to tell you about this trip ;)

Not only for the destinations, but it's about the journeys...
when you are traveling the time should be yours.

Some in my blog is using Indonesian, If you do not understand Indonesian you can use "Google Translate" at the top left of this blog. I hope this blog can be useful ...


DILARANG MENGAMBIL atau COPY PHOTO-PHOTO DALAM BLOG INI TANPA IJIN!

Rabu, 13 Maret 2013

Shika Snow Mountain, Shangrila


Shika Snow Mountain Shangri La, Yunnan


Hai petualang! Hari ini kami masih stay di N's Kichen & Lodge Shangri La Oldtown. Selepas sarapan kami sudah dijemput oleh mobil yang masih kami sewa dari Tiger Leaping Gorge waktu itu, ini hari ketiga berarti jemputan terakhir untuk melanjutkan petualangan menuju Shika Snow Mountain. Yang terletak 7 kilometer sebelah barat daya dan hanya 15 menit dari Kota Gyanthang Shangri-La County. Tiba diparkiran, kami langsung menuju loket untuk membeli tiket masuk dan tiket 4 x cable car bolak-balik seharga 220 Yuan.... hmm...lumayan mahal yaa...




Tidak terlalu panjang antriannya, kami masih sempat menikmati ruangan megah tempat menjual tiket, dengan dekorasi ruangan khas Tibetan dangan warna yang cerah dan lukisan yang indah dan artistik.


Antrian cable car tidak begitu panjang disini.

..mahal bo! tiket menikmati Shika Mountain: 220 Yuan


mirip dengan ukiran di Bali yaa...warna & coraknya 😀


Memasuki area gedung utama, kami disambut dua barisan prayer wheel Tibetan di sisi kiri dan kanan jalan, terlihat dibelakang gedung utama mengintip puncak gunung bersalju, pasti itulah Shika Snow Mountain! Ada juga barisan stupa yang terbuat dari susunan batu-batu yang dihias dengan prayer flags Tibetan yang berwarna-warni cerah tentunya. Terlihat ada tulisan Tibet pada beberapa lempengan batu yang tersusun di stupa itu... 'mungkin' bertuliskan suatu doa... 😉


Selamat datang di Shika Snow Mountain, Shangri La - Yunnan

tumpukkan batu yang disusun dgn bentuk Stupa

barisan prayer wheel di pintu gerbang

Barisan prayer wheel Tibetan, Shangri La


Pengunjung saat itu tidak terlalu ramai, sehingga kami bisa lebih leluasa untuk menikmati dan mengabadikan momen saat itu. Suhu udara masih terasa menusuk tulang saat itu walaupun sudah menggunakan pakaian yang berlapis-lapis dan jaket tebal.... susah yaa kalo dari negeri tropis, hehehe.



menuju cable car, dengan langit-langit di dekor gambar ikan 🐟🐠


Akhirnya tiba saatnya terbang dengan menaiki cable car menuju puncak Shika. Dari dalam cable car kita bisa menikmati birds-eye view yang indah yaitu: pemandangan Gyanthang (Shangri-la old town), Ganden-Songzanlin Monastry, Napa Lake dan Bandara Shangri-La serta keindahan Blue Moon Valley yang mempesona.


45 menit menuju puncak Shika Mountain, Shangri La

keleyengan lagi .....



Untuk menuju puncak Shika, kita mesti menggunakan cable car 2 kali, pemberangkatan pertama dari pos utama menuju pos di peternakan Yala Green Wave - blue moon valley yang terletak di kaki gunung Shika. Disini kita bisa menikmati pemandangan hamparan padang rumput hijau yang luas, ada bangku-bangku untuk beristirahat dan juga pos yang menyediakan berbagai jajanan makanan maupun souvenir... ada juga toilet bagi yang membutuhkan. Blue moon valley juga sebagai tempat bermain ski saat musim dingin.





Gunung ini terkenal dengan keragaman alam geologi dan sumber daya hayati. Dengan fitur-fitur geo - tektonik yang kaya, merupakan tempat yang ideal untuk penelitian ilmiah dan eksplorasi. Lembah yang unik dan danau alpine biru diselimuti tengah-tengah padang rumput dan hutan yang sangat menarik . Ini adalah tempat terbaik untuk melihat keindahan kota Shangri La (Zhongdian) dari puncak gunung juga kita bisa melihat beberapa gunung suci suku Tibet yang berselimut salju lainnya.

Blue Moon Valley yang terletak di lembah Shika Snow Mountain, pemandangan yang terletak 7 km sebelah selatan barat dari kota kuno Zhongdian (Shangri - La). Pemandangan lembah yang sangat indah di awal musim semi. Cable car di Blue Moon Valley adalah cable car terpanjang di Provinsi Yunnan yang memberikan pemandangan sangat luas - mata kita bisa memandang dari kedua Yulong Snow Mountain dan Meili Snow Mountain. Indah sangat!


Blue Moon Valley, Shangri La




Shika Snow Mountain adalah gunung pertama di wilayah Tibet dengan ketinggian 4500 mdpl. Menurut sejarahnya, Shika berasal dari kata Tibet yang berarti sebuah gunung banyak rusa (walaupun tak terlihat satu ekor pun loh) 😋 Konon saat Sakyamunii berkhotbah agama Buddha di Taman, ada dua rusa mendengarkannya dengan penuh perhatian dengan posisi duduk bertelut. Dari kejadian tersebut, rusa dianggap sebagai lambang dalam Buddhisme Tibet. Ini adalah simbol umur panjang dan kesetiaan. 








Walau tidak separah di Snow Jade Dragon Mountain, saya pun mengalami altitude sickness yang membuat rasa kepala 'keleyengan'..... hadoooh, angin kencang menambah dingin membeku! tapi, tetap gak mau rugi, paksa kaki untuk melangkah, menikmati dan mendokumentasikan momen indah di gunung ini.








Pemandangan dari puncak gunung ini sangat memukau, hamparan keindahan nampak tak terbatas. Saya sangat beruntung menikmati keindahan gunung ini dengan dianugerahi cuaca yang sangat cerah, puas rasanya mengabadikan keanggunan gunung ini. Terlihat barisan stupa Tibetan diatas gunung ini yang dihiasi prayer flags berwarna-warni cerah sebagian ada yang sudah robek diterjang angin yang bertiup kencang terlilit pada tiang-tiang stupa dan teriknya matahari, ampun deh... seperti ada diatas kepala tapi dingin menusuk hingga ke tulang.


Diatas ketinggian 4500 mdpl, Shika Snow Mountain




Berjalan merambah bentangan tangga kayu, seperti tak berujung ini.. menuju puncak, sedikit terasa 'keleyengan' tapi tak rela membiarkan begitu saja keindahan ini tanpa diabadikan. Blue moon valey terlihat sangat indah, berat rasanya meninggalkan kemegahan gunung ini loh...


Angin yang kencang membuat rasa dingin sekali di puncak Shika

walaupun saya tidak mengerti dalam tulisan di kain ini tapi saya berucap dalam hati: 
"semoga harapan di dalam doa ini dikabulkan" 😇



Pemandangan paling atas Shika Snow Mountain, ada beberapa Stupa yang dibuat dari susunan batu dan prayer flags diikat di kayu penyangganya. Kain-kain dari prayer flags banyak yang sudah robek dan bahkan hilang tertiup angin atau rusak karena iklim yang ekstrem diatas gunung. 

Dingin sekali disini walau matahari seperti dekat di kepala tapi angin kencang mengalahkan sinar terik matahari, saya lihat babe Drajad duduk di lantai kayu tapi saya tidak tau pasti apakah dia bermeditasi atau berlindung menghindari hembusan angin kencang 😜




Stupa & prayer flags Tibetan on Shika Mountain


Bahagia rasanya berkesempatan menikmati kemegahan gunung ini... semoga tetap indah selamanya.

playing on the snow...



Berfoto bersama merupakan keharusan dalam traveling, dan saatnya nanti akan menjadi kenangan yang tak terlupakan. Shika Snow Mountain adalah keagungan yang memukau dari Shangri La.








Petualangan ini kami nikmati hingga siang hari kemudaian melanjuti explore 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musim Semi Rasa Winter di Dolomites

Dari keindahan alam, laut mediterania hingga bangunan-bangunan kuno peninggalan sejarah, Italia memang merupakan salah satu negara te...