LIVE IS AN ADVENTURE

I think by traveling you can better appreciate yourself and the different cultures of the world... Enjoy life all around the world. To share with many people with different way of living. To love. To dance with the birds and sing with the wind....

Travelling brings color to my life. I'm travelling for the joy...
"...there is a difference between knowing the path and walking the path" - Morpheus

I am not good at writing but I want to share the adventure in my journey, but I have a lot of photo trips. Let the pictures are going to tell you about this trip ;)

Not only for the destinations, but it's about the journeys...
when you are traveling the time should be yours.

Some in my blog is using Indonesian, If you do not understand Indonesian you can use "Google Translate" at the top left of this blog. I hope this blog can be useful ...


DILARANG MENGAMBIL atau COPY PHOTO-PHOTO DALAM BLOG INI TANPA IJIN!

Minggu, 10 Maret 2013

Jade Dragon Snow Mountain, Lijiang - Yunnan




Hari masih pagi dari Lijiang Oldtown kami berangkat menggunakan mobil yang kami sewa 3 hari dari Lijiang Oldtown, dimulai hari ini. Kami menuju gunung salju abadi yang sangat terkenal di Yunnan yaitu Yulong Snow Mountain atau lebh dikenal sebagai Jade Dragon Snow Mountain adalah wilayah pegunungan tertinggi dari pegunungan Yunlin. Perjalanan kami memakan waktu sekitar satu jam dari Lijiang Oldtown.

Tidak bisa dipungkiri, Lijiang memang memiliki pemandangan gunung salju yang menakjubkan. Jade Dragon Snow Mountain. Gunung ini memiliki daya pikat lantaran selalu ditutupi salju meski di musim panas.

Barisan pegunungan merupakan pemandangan saat perjalanan




Gunung Yulong berada di ketinggian 3.500 m dengan puncaknya berada di 5.900 m, merupakan puncak tertinggi di bagian selatan Sungai Yangtze. Dari kejauhan Gunung Yulong tampak gagah dengan puncaknya yang diselimuti salju abadi. Namun salju ini tidak keras dan sering longsor, sehingga belum ada yang berhasil mendaki hingga ke puncaknya. Gunung Yulong mendapat julukan Jade Dragon karena ketiga belas gunung tersebut dari atas tampak seperti naga yang sedang menari.

Setibanya di kaki gunung, kami turun dari bus dan lanjut membeli tiket cable car dengan memasuki gedung yang bentuknya seperti gua batu dan ada tiang batu yang berbentuk manusia purba... 



tiba di area parkiran dan segera mencari pintu loket kereta gantung, rasanya sudah tidak sabar lagi untuk bermain salju hehehe...

Bingung pintu loketnya dimana? cari tiang ini 😋


Setelah itu kami naik bus shuttle khusus yang nantinya akan membawa pengunjung ke lokasi stasiun cable car yang berada diketinggian 3356 meter. Setelah semua siap maka kami mulai masuk ke gang antrian panjang, jalannya seperti biasa berupa lorong kecil yang dibatasi tiang-tiang dari pipa besi. 




Setelah bus berhenti di stasiun cable car, terlihat antrian sudah sangat panjang dengan barisan berlapis tiga pengunjung untuk menaiki cable car. Angin di musim semi saat itu yang berhembus menyentuh pipi terasa dingin dan tubuh lama kelamaan terasa mengigil walau sudah memakai 4 lapis pakaian. ggrrrghhh😶 bagaimana nanti pas sudah diatas... haduuuh..






Akhirnya saya sampai menapaki ketinggian 4506 meter dimana terdapat The Highest Ropeway in the World. Wow!keren😍Cable car yang nyaman dinaiki karena tertutup, kami duduk bertujuh berhadapan, dan ternyata jalannya juga terasa cepat sekali. Selama 20 menit kami menikmati perjalanan yang menyenangkan karena pemandangan pegunungan bersalju dibawah cantik sekali tetapi cukup mendebarkan karena beberapa kali kereta nanjaknya dengan sudut begitu tajam.





Tiba di pos puncak, tak lama saya pun merasa sedikit pusing, pandangan sedikit bergoyang dan semakin mengigil...waduh! yang saya cemaskan dari awal, akhirnya terjadi...sakit ketinggian atau bahasa kerennya altitude sickness. Untung di pos itu juga ada restoran dan toko souvenir ada juga penjual oksigen serta penyewaan jaket dengan harga 50 yuan. Akhirnya saya menyewa jaket winter merah itu. Setelah mengenakan jaket tebal panjang baru terasa hangat.. tapi rasa 'keleyengan' belum juga sirna. Dengan sedikit memaksa karna saya tidak rela ditinggal teman-teman, saya pun berjalan pelan-pelan sambil menyipitkan mata agar tidak terlalu pusing dan napas sudah mulai terasa berat karena kurangnya oksigen.... hadoooh, ini sangat menyiksa! tapi saya terus memaksa untuk berjalan pelan-pelan... akhirnya bisa juga untuk memotret dan dipotret.😋

Jadi, jika sahabat traveler berkunjung disini, jangan lupa membawa jaket tebal yaa... bila perlu bawa tabung oksigen jinjing, itu loh yang ukuran kecil... beli diatas sangat mahal! 



The Highest Ropeway @Mt.Jade Dragon





Jika berjalan kaki akan membutuhkan waktu sekitar 40 menit menaiki anak tangga ini. Tidak terlalu jauh memang, namun dengan kondisi suhu dingin hingga 0 derajat dan kadar oksigen yang hanya 50%, menaiki anak tangga terasa sangatlah berat. Oksigen yang tipis dan suhu yang mengigit membuat dadaku sesak dan harus beristirahat setelah menapai 2-3 anak tangga. Altitude sickness akan terasa disini, kepalaku puyeng dan nafas berat membuat jalan semakin sempoyongan, duduk lagi deh. 






Di halaman pos itu disatu tempat ada tugu bertuliskan angka 4506. Banyak sekali orang disana yang berjalan kesana kemari sibuk berfoto yang membuat saya menjadi sedikit semangat unuk ikutan juga, kabut sedikit menutupi sebagian puncak dari Gunung Yulong sehingga pemandangan kurang jelas kearah beberapa buah puncak-puncak gunung disana.

Kawasan Gunung Yulong atau Jade Dragon Mountain merupakan bagian dari National Park Yulong Xue Shan Masi. Sayangnya saat ini gletser yang ada di Gunung Yulong terkena dampak pemanasan global. Es yang ada mulai mencair sehingga permukaan batu-batunya sedikit tampak di permukaan. Dari gletser yang mencair ini terbentuklah aliran sungai kebawah.


Wow.... gletsernya besar sekali!!




Ingin rasanya menaiki anak tangga yang membentang hingga jauh ke atas... tapi apa daya badan ini tak kuat melangkah, belum lagi sesak dan jantung terasa berdebar, baru lima langkah sudah ngos-ngosan... dengan modal semangat saja untuk berusaha mengabadikan indahnya puncak Jade Dragon Mountain walau dengan ngesot sedikit demi sedikit. 👻




Ndeso yak! 😜 liat salju langsung glesor hahaha
Ada yang bawa Lamma ketasa gunung, cute!


Akhirnya petualangan di Jade Dragon Snow Mountain pun selesai, dan kami kembali turun dengan menggunakan cable car...dan herannya setelah cable car turun keleyengan yang terasa berat itu mendadak hilang! senyum pun menghias wajahku kembali... 😊 Next, kami melanjutkan petualangan berikutnya mengunjungi  Baisha Oldtown.





Tips perjalanan:
Waktu Buka: 9:30-16:00. jangan kesiangan agar bisa menghindari antrian panjang, menyewa jaket/mantel sangat disarankan jika diatas berangin kencang. Harga Tiket: 225 RMB (termasuk biaya entery gunung) naek transport umum juga bisa dengan Naik bus No.7 di Red Sun Square untuk sampai ke sana. 


Cerita Petualangan Kami yang lainnya di Yunnan:





Perjalanan yang tak terlupakan.... petualangan di Jade Dragon Snow Mountain.

Map of Jade Dragon Snow Mountain

dinginnya membeku rasanya 😁










1 komentar:

  1. Wahh menarik banget postnya :) mba disana salju nya sepanjang tahun?? klo pertengahan tahun kira-kira suhunya berapa ya??

    BalasHapus

Musim Semi Rasa Winter di Dolomites

Dari keindahan alam, laut mediterania hingga bangunan-bangunan kuno peninggalan sejarah, Italia memang merupakan salah satu negara te...